Beranda Tanaman Hias 12 Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik Hingga Perawatannya

12 Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik Hingga Perawatannya

Karena saat ini banyak orang menghabiskan waktu dirumah, budidaya tanaman hias aglaonema bisa menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan agar terhindar dari rasa bosan.

Merawat tanaman mulai dari proses menanam, perawatan sampai dengan melihat pertumbuhan dari tanaman hias merupakan hal yang sangat asyik untuk dinikmati.

Terlebih tanaman hias aglaonema memiliki banyak jenis dan juga bentuk yang bisa anda pilih sesuai keinginan karena disetiap jenis aglaonema memiliki ciri tersendiri.

Dari dulu aglaonema dikenal memiliki popularitas yang tinggi dan memiliki harga jual yang cukup lumayan hal tersebut disebabkan karena bentuk, daun, dan warnanya yang menarik.

Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik Lengkap Dengan Proses Perawatannya

Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik Lengkap Dengan Proses Perawatannya

Untuk syarat tumbuh agalonema memang tidak sulit, namun bagi anda yang ingin memulai budidaya tanaman hias yang satu ini, ada baiknya simak ulasan mengenai bagaimana tips dan cara menanam aglaonema dengan baik berikut ini.

Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik

Cara Budidaya Aglaonema Yang Baik

1. Pembibitan Dengan Biji

Untuk bisa menanam aglaonema menggunakan bibit, pertama pilihlah bibit dari tanaman hias yang sudah berumur tua. Agar mempercepat proses pertumbuhan kecambahnya, anda dapat menanam benih selama 2 sampai 3 jam sebelum mulai menanam.

2. Pembibitan Metode Stek

Selanjutnya anda bisa memilih menanam dengan metode stek karena proses ini lebih mudah. Pertama anda perlu menanam pucuk indukan tanaman hias ke dalam media tanam yang sudah dipersiapkan didalam suhu ruang yang lembap. Kemudian pilih pucuk dari indukan yang sudah memiliki lebih dari 5 buah daun, hal tersebut bertujuan agar tanaman asal tidak mati pada saat proses stek dilakukan.

3. Pembibitan Metode Cangkok

Metode cangkok tidaklah sulit namun disini anda membutuhkan ketelitian yang tinggi. Usahakan untuk memilih indukan cangkok dengan ciri batang yang kuat dan sehat ataupun warnanya sudah mulai kecokelatan. Jika anda sudah menemukan batang aglaonema yang baik selanjutnya kelupas kulit batang pohon sedikit lalu mulailah proses cangkok dengan cara melapisi batang pohon tersebut menggunakan plastik dengan memperhatikan sirkulasi udara yang harus cukup.

4. Media Tanam Aglaonema

Terdapat beberapa jenis media tanam yang bisa anda gunakan untuk budidaya aglaonema, berikut ini penjelasannya :

  • Pasir Malang : Biasanya digunakan dalam pencegahan media yang terlalu basah atau adanya genangan air karena sifat prositasnya baik.
  • Sekam Bakar : Bisa dibilang media yang satu ini mempunyai daya tahan lama serta memiliki sifat steril. Namun, daya serap pada sekam bakar untuk air memang kurang baik meskipun aerasinya cukup baik sehingga harus dicampur dengan media tanam yang lainnya
  • Cocopeat : Adalah jenis media tanam yang dihasilkan dari olahan sabut kelapa yang bisa menahan air dan biasanya sering digunakan menjadi salah satu media tanam bunga hias.
  • Pakis : Media tanam yang bisa anda pilih yaitu Pakis yang terkenal dengan sistem drainase, daya serap air, dan juga daya tahan untuk perkembangan akar tanaman.

Cara Merawat Tanaman Aglaonema

Cara Merawat Tanaman Aglaonema

1. Penyiraman Aglaonema

Saat anda memutuskan untuk budidaya tanaman aglaonema tentu saja harus memperhatikan kondisi lingkungan dan kondisi dari media tanam tersebut. Proses penyiraman dilakukan dengan cara menyesuaikan jumlah air dan media tanam. Gunakan air bersih untuk menyiram tanaman agar tidak mengandung zat berbahaya.

2. Tahap Pemupukan Aglaonema

Agar tanaman aglaonema bisa tumbuh dengan baik, tentu saja anda harus melakukan pemupukan 2 minggu sekali secara rutin. Dengan begitu bisa menunjang proses pertumbuhan tanaman. Untuk aglaonema biasanya menggunakan pupuk NPK, atau bisa juga menggunakan pupuk lain seperti Hyponex, Gandasil D, Growmore, dan Vitabloom. Dan jangan lupa untuk memberikan kelembapan pada tanaman sekitar 50 sampai 75%.

3. Pencegahan Hama & Penyakit

Sama seperti tanaman pada umumnya yang bisa terserang hama dan penyakit, biasanya penyakit yang sering menyerang tanaman aglaonema yaitu jamur fusarium yang menyebabkan tanaman menjadi layu fusarium. Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan fungisida. Tidak hanya itu saja, tanaman aglaonema rentan terserang hama ulat.

4. Perawatan Saat Musim Kemarau

Ketika sudah memasuki musim kemarau tanaman ini sangat membutuhkan perawatan yang lebih agar daun tetap hijau dan tidak mati. Karena pada musim kemarau tentunya suhu meningkat drastis sehingga menyebabkan penguapan dan terjadi pengguguran daun tanaman aglaonema.

Untuk melakukan perawatan saat musim kemarau anda bisa menggunakan susu murni sehingga kelembapan daun bisa tetap terjaga, namun pada saat musim kemarau sudah datang hentikan perawatan menggunakan susu murni.

5. Hindarkan Tanaman Aglaonema Dari Pencahayaan Sinar Matahari Langsung

Agar pertumbuhan aglaonema bisa maksimal, pastikan bahwa anda tidak menaruh tanaman tersebut ditempat yang terkena matahari secara langsung karena hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhannya.

FAQ

Ada Berapa Jenis Tanaman Aglaonema?

Terdapat 7 jenis tanaman hias aglaonema antara lain, Aglaonema Lady Valentine, Aglaonema Cinta, Aglaonema Siam Aurora, Aglaonema Moonlight, Aglaonema Claudia, Aglaonema Emerald, dan Aglaonema Adelia.

Lebih Mudah Proses Budidaya Dengan Metode Cangkok Atau Stek?

Untuk metode tanam aglaonema memang lebih mudah menggunakan metode stek di banding dengan cangkok. Namun semua itu tergantung dari keinginan anda masing-masing.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara budidaya aglaonema yang baik dan tumbuh maksimal dari ilmupot.com. Aglaonema bisa menjadi salah satu TANAMAN HIAS INDOOR yang bisa mempercantik hunian anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?