Beranda Tanaman Dapur 15 Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

15 Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

Jamur tiram siapa sih yang ga tau dengan salah satu jenis jamur ini. Jamur yang banyak di minati karena banyak mengandung nutrisi yang tinggi. Selain enak untuk di makan, jamur ini juga bisa anda budidayakan di rumah.

Jamur tiram juga mempunyai nama latin Pleurotus ostreatus yang termasuk ke dalam kelompok Basidiomycota, dan bisa disebut juga dengan jamur kayu yang memiliki banyak manfaat.

Dan mengenai harga, jamur tiram juga tidak terlalu mahal, tapi jamur tiram memiliki pasar yang besar. Oleh karena itu banyak pengusaha yang membudidayakan jamur ini karena untungnya yang sangat menggiurkan.

Membudidayakan jamur tiram dengan iklim tropis yang kita miliki di Indonesia ini sangat bagus. Dikarenakan jamur tiram bisa berkembang dengan baik, maka dari itu membudidayakan jamur tiram sangat bagus untuk bisnis saat ini.

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Paling Mudah

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Paling Mudah

Jika anda ingin serius membudidayakan jamur tiram, anda juga bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah

1. Pemilihan Bibit Jamur Tiram

Untuk mendapatkan bibit yang baik anda bisa membelinya di tempat yang menyidiakan bibit jamur tiram yang sudah terpercaya, atau anda bisa membibitkannya sendri bibit murni. Tapi biasanya untuk para pemula di anjurkan untuk membeli dan pilih bibit dengan BER 75%, dan juga pastikan bibit yang anda beli punya miselium berwarna putih dan sudah tumbuh rata di media tumbuhnya. Soalnya pemilihan bibit jamur tiram sangat menentukan hasil panen nantinya.

2. Baglog Untuk Media Tanam Jamur Tiram

Baglog merupakan media tanam yang paling umum digunakan untuk budidaya jamur tiram dirumah. Baglog sendiri terbuat dari bekatul, kapur, dan serbuk gergaji atau grajen. Dengan campuran dari ketiga bahan tersebut yang akan ditumbuhi jamur tiram. Berikut ini cara membuat baglog untuk media tanam jamur tiram :

Untuk perbandingan membuat baglog yaitu 100 kg grajen, 10 kg bekatul, 1-2 kg kalsium atau kapur.
Kemudian aduk bahan sampai merata, lalu tambahkan air kurang lebih 60% dari berat keseluruhan.
Jika sudah diaduk rata, tutup dengan terpal ataupun plastik.
Membuat baglog anda bisa menggunakan plastik ukuran 17×30 atau 20×35 dan bisa juga 15×30 cm, kemudian isi dengan adonan yang sudah dibuat tadi.

3. Fermentasi Baglog Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram di rumah juga harus memikirkan masa fermentasi baglog, ini sangat penting soalnya akan berpengaruh besar pada hasil akhir atau hasil panen. Fermentasi baglog akan membunuh jamur liar yang akan mengganggu pertumbuhan jamur tiram, kemudian diamkan baglog yang sudah jadi selama 5 sampai 10 hari agar proses pelapukan atau pengomposan sudah terjadi sebelum budidaya di mulai. Suhu di sekitar baglog jamur tiram akan meningkat hinga 70 derajat celcius dalam masa fermentasi.

4. Sterilkan Baglog

Proses sterilisasi pada baglog jamur tiram akan memerlukan beberapa drum, masukan air pada drum sekitar 30 sampai 50 cm dari besar drum panaskan air samapai mengguap, tutup drum sampai rapat sambungan dengan selang untuk menghubungkan dengan drum ke dua uap akan mengalir ke drum ke dua kemudian sambungan lagi dengan drum ke tiga. Kemudian di ikat dengan tali tambang dan jangan menggunakan besi karena berpengaruh deangan tekanan udara, cara ini sangat menghemat bahan bakar jika suhu sudah mencapai 60 derajat celcius kemudian diamkan selama 6 jam.

5. Proses Inokulasi baglog

Proses inokulasi baglog salah satu cara budidaya jamur tiram di rumah, kemudian pindahkan baglog ke inokulasi dan biarkan selama sehari agar suhu normal kembali dan pastikan sirkulasi udara di tempat baglog bagus supaya mencegah baglog tercemar dari bakteri atau sporta pathogen. Lalu cara mengisi bibit jamur tiram ke baglog, masukan bibit F3 ke dalam botol lalu semprot dengan alkohol, kemudian bakar mulut botol sampai bagian kapas terbakar lalu matikan apinya, selanjutnya buka kapas penutup botol lalu aduk dengan benda yang sudah di siapkan, lalu pindahkan bibit ke baglog hingga seleher baglog atau kurang kebih 10 gram, tutup kembali baglog dengan kapas.

6. Inkubasi Jamur Tiram

Masa inkubasi jamur tiram harus di letakan di ruang dengan suhu 22 sampai 28 derajat celcius dan kelembapan 60 sampai 70% dan berlangsung selama beberapa minggu hingga miselium tumbuh kemudian buang tutup pada jamur lalu jangan lupa menyemprot jamur setiap hari untuk menjaga kelembapan, jamur ini dalam sebulan mulai tumbuh besar dan siap panen.

7. Panen Jamur Tiram

Dan untuk mememanen jamur tiram anda juga harus memperhatikan cara-caranya dengan baik karena memanen jamur tiram tidak boleh sembarangan, jangan menggunakan tangan secara langsung karena bisa menyebabkan luka dan pembusukan pada jamur, cara memanen yang benar adalah menggunakan pisau atau cutter yang bersih dan potong bagian pangkal batang kemudian langsung masukan ke dalam wadah yang sudah di sediakan atau keranjang. Untuk pengemasan jamur tiram anda bisa memasukan ke dalam plastik transparan.

8. Pemasaran Jamur Tiram

Untuk pemasaran jamur tiram anda bisa memasarkan ke pasar tradisonal atau ke pasar modern karena jamur tiram itu banyak peminatnya dan anda juga bisa memasarkan langsung ke restoran atau mungkin anda bisa mengolah sendri jamur tiram biar menjadi salah atu makanan yang menarik dan bisa di pasarkan lewat online.

FAQ

Apakah Budidaya Jamur Tiram Menguntungkan?

Karena jamur tiram termasuk jamur yang aman dikonsumsi oleh manusia tentunya jika anda budidaya jamur tiram menguntungkan bernilai ekonomis.

Bagaimana Tips Budidaya Jamur Tiram Agar Berhasil?

Jika anda ingin budidaya jamur tiram berhasil dan panen melimpah harus mengikuti semua prosedur yang sudah kami jelaskan diatas.

Selain di Rumah, Baiknya Jamur Tiram di Tanam Dimana?

Selain dirumah, untuk anda yang ingin mulai berbisnis jamur tiram bisa mulai budidaya di lahan atau gudang yang sudah tidak terpakai dan lebih luas.

Budidaya jamur tiram bisa menjadi ide bisnis yang baru bagi anda, itulah informasi mengenai bagaimana cara budidaya jamur tiram dirumah dari ilmupot.com. Selain jamur tiram yang bisa ditanam dirumah, anda juga bisa MENANAM TOMAT di POT dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...