Beranda Pupuk 10 Cara Membuat POC : Pupuk Organik Cair Agar Berhasil

10 Cara Membuat POC : Pupuk Organik Cair Agar Berhasil

Cara Membuat POC – Pupuk memang menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan ketika kita menanam baik tanaman hias ataupun buah-buahan. Pemilihan produk pupuk sangat berpengaruh pada tanaman.

Saat ini sudah banyak jenis pupuk yang memiliki fungsi disetiap produknya. Mulai dari pupuk untuk tanaman hias, pupuk untuk menghijaukan daun, pupuk untuk buah-buahan dan masih banyak lainnya.

Terdapat beberapa jenis pupuk mulai dari pupuk organik, pupuk anorganik dan berbagai macam pupuk yang memiliki merk serta keunggulan disetiap produk yang ditawarkan dan dijual dipasaran, anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

Namun, saat ini telah banyak masyarakat yang mulai sadar akan kesehatan lingkungan dan tanaman. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan beragam jenis pupuk organik yang dibuat dirumah.

Cara Membuat POC Atau Pupuk Organik Cair Agar Berhasil

Cara Membuat POC Atau Pupuk Organik Cair Agar Berhasil

Taukah anda, saat ini ada pupuk yang lagi ngetren di kalangan petani dan pecinta tanaman yaitu pupuk POC. POC sendiri adalah singkatan dari Pupuk Organik Cair, dari namanya saja kita sudah bisa menebak ya bahan-bahan yang digunakan pasti dari sekitar kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan lengkap di bawah ini.

Cara Membuat POC dari Nasi Basi

Cara Membuat POC dari Nasi Basi

Siapkan Bahan Yang di Gunakan

  1. Nasi basi
  2. Gula pasir
  3. Wadah
  4. Sarung tangan
  5. Botol

Cara Membuat

  • Pertama pakai sarung tangan anda dan dimulai dengan membuat bola yang berasal dari nasi basi, pastikan bahwa nasinya belum ditumbuhi jamur.
  • Setelah itu, simpan bola-bola yang sudah dibuat tadi kedalam wadah yang tertutup rapat. Tunggu sampai 1 minggu hingga nasi basi telah ditumbuhi jamur.Jangan simpan wadah berisi bola dibawah sinar matahari.
  • Setelah nasi tadi berubah warna menjadi kuning kecoklatan, pindahkan ke dalam botol berukuran 2 liter lalu simpan.
  • Kemudian ambil gula pasir dan larutkan menggunakan air perbandingannya 1,5 liter : 5 sendok gula pasir.
  • Proses berikutnya tuangkan larutan kedalam botol yang berisi bola nasi lalu tutup rapat.
  • Silahkan tunggu sekitar 4 sampai 5 hari. Jika sudah mengendap, buka botol guna mengeluarkan gas pupuk cair di dalam wadah.
  • Jangan lupa tutup kembali lalu kocok botol agar nasi dan larutan gula tadi tercampur merata.
  • Selanjutnya simpan kembali botol di ruangan tanpa cahaya matahari hingga pupuk organik cair atau POC beraroma seperti tapai.
  • Saat sudah mulai berbau, silahkan saring ampasnya dan pupuk organik sudah siap anda gunakan ataupun dijual.

Tips Membuat POC Anti Gagal

Tips Membuat POC Anti Gagal

Perlu anda ketahui keberhasilan pembuatan POC terletak pada cara anda saat mengendalikan suhu, kelembapan, serta oksigen agar mikroba dapat memperoleh lingkungan yang optimal untuk berkembang biak.

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahan organik yang terkandung cukup serta mendapatkan udara segar . Jika anda menggunakan sampah organik jangan lupa untuk di cacah menjadi potongan kecil.

Demikian informasi tentang cara membuat POC atau Pupuk Organik Cair yang sudah ilmupot.com bagikan di atas. Dengan mengikuti setiap langkah demi langkah pembuatan POC besar kemungkinan anda berhasil. Selain menggunakan nasi, anda juga bisa menggunakan sayuran bekas, dan sampah organik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.