Beranda Tanaman Hias 7 Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas Penuh Kreasi

7 Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas Penuh Kreasi

Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas – Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah plastik tersebar kedua di dunia. Untuk itu, mari kita mencoba untuk mengurangi sampah botol plastik dengan cara mendaur ulang botol bekas.

Sebagian besar masyarakat tentu dalam kehidupan sehari-hari sering menjumpai adanya botol, baik botol bekas minuman botol kaleng, botol kaca atau berbagai macam kemasan botol lainnya yang sudah tidak dipakai lagi.

Nah, dari pada harus membuang botol-botol tersebut, lebih baik anda kreasikan botol bekas menjadi sesuatu yang unik dan bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menyulap botol bekas menjadi pot bunga yang memiliki keunikan dan nilai jual.

Ada banyak cara dan tutorial yang diberikan oleh orang-orang untuk kreasikan botol bekas menjadi pot bunga. Anda bisa menggambar karakter pada botol kemudian cat menggunakan akrilik agar lebih menarik lagi.

Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas Penuh Kreasi

Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas Penuh Kreasi

Bosan dengan model pot yang itu, itu saja dan ternyata anda mempunyai banyak botol bekas di rumah. Jangan langsung membuangnya ya, pada kesempatan kali ini ilmupot.com akan memberikan tips dan cara membuat pot bunga unik dari botol bekas. Langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Pot Bunga Dari Botol Bekas

Cara Membuat Pot Bunga Karakter Lucu

Cara Membuat Pot Bunga Karakter Lucu

  • Langkah pertama buatlah pola gambar yang ingin anda tempatkan di botol pastik, anda bisa menggambar pola kelinci, beruang, atau hewan dan karakter lucu favorit anda.
  • Kemudian gambar pola yang anda ingin pada botol plastik, lalu potong botol sesuai dengan pola gambar.
  • Setelah dipotong mengikuti pola gambar, cat potongan tersebut dengan cat akrilik menggunakan warna dasar putih.
  • Jangan lupa dobel dengan warna cat sesuai dengankarakter yang dipilih, untuk lebih terlihat nyata, gambar mata, hidung, dan telinga sehingga nantinya karakter akan terlihat semakin lucu.
  • Proses terakhir, keringkan hingga cat benar-benar kering dan siap dijadikan hiasan.
  • Kreasi pot karakter jika ingin anda jadikan hiasan gantung maka dapat diberi tali pada kedua sisi pot botol tersebut.

Alat dan Bahan yang Digunakan

  • Petama anda harus menyiapkan botol plastik bekas dan jangan lupa mencucinya sampai benar-benar bersih.
  • Kedua siapkan pisau pemotong/cutter.
  • Ketiga siapkan cat akrilik secukupnya.
  • Jangan lupa siapkan pensil untuk menggambar pola.

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Sederhana

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Sederhana

Kreasi yang kedua ini terbilang cukup mudah dan sederhana, selain itu, alat dan bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan. Berikut langkah-langah yang bisa anda ikuti :

  • Pertama siapkan botol plastik bekas yang ada dirumah anda.
  • Kemudian potong bagian tengah pada bagian samping menggunakan cutter/gunting.
  • Selanjutnya buat lubang kecil-kecil menggunakan paku yang dipanaskan agar lebih mudah disekitar potongan botol plastik tersebut.
  • Jangan lupa buat gantungan pada bagian atas potongan botol plastik.
  • Pot dari botol bekas sudah jadi, anda tinggal mengisinya dengan tanah dan juga tanaman kemudian di gantung di dinding atau kayu.

Alat dan Bahan yang Digunakan

  • Pertama botol plastik bekas.
  • Siapkan gunting ataupun cutter.
  • Siapkan benang pancing untuk menggantung pot bunga apabila sudah jadi.
  • Siapkan paku untuk melubangi botol bekas.

Rekomendasi Pot Bunga dari Berbagai Bahan

1. Pot Bunga dari Botol Kaca

Pot Bunga dari Botol Kaca

Apabila anda memiliki botol kaca yang sudah tidak terpakai, coba membuat kreasi pot dari botol kaca agar terlihat lebih unik. Anda bisa menggantungkan pot bunga di dinding ruang tamu atau kamar. Jangan lupa untuk menaruh bunga segar di dalamnya dan lakukan perawatan agar bunga tidak layu.

2. Pot Bunga dari Bohlam Bekas

Pot Bunga dari Bohlam Bekas

Jika anda memiliki bohlam yang sudah tidak terpakai jangan buru-buru membuangnya. Karena anda bisa memanfaatkan bohlam bekas untuk membuat pot bunga yang menarik. Anda bisa mengisi air kedalam bohlam dan taruh bunga segar di dalamnya dan gantungkan di area sudut kecil rumah anda.

3. Pot Bunga dari Ban Bekas

Pot Bunga dari Ban Bekas

Memiliki ban bekas yang sudah tidak terpakai? dari pada harus membuangnya, lebih baik di kreasikan untuk membuat pot bunga yang cantik. Ban bekas bisa disulap menjadi pot cantik dan diletakkan di teras rumah atau taman anda. Dengan begitu menambah kesan unik di area rumah anda.

4. Pot Bunga dari Teko atau Ceret Bekas

Pot Bunga dari Teko atau Ceret Bekas

Mungkin anda masih asing dengan teko atau ceret apakah bisa digunakan sebagai pot?. Nah, kali ini anda bisa kreasikan teko bekas untuk membuat pot agar terlihat kesan vintage di dalam rumah. Agar warnanya tidak terlihat klasik, anda bisa mengecet teko dengan warna kesukaan anda. Taruhlah tanaman di dalamnya dan letakkan di area yang anda mau.

5. Pot Bunga dari Gelas atau Mug Bekas

Pot Bunga dari Gelas atau Mug Bekas

Saat ini anda tidak perlu repot dan bingung apabila ingin menaruh bunga dan tanaman di rumah atau pojok ruangan karena tidak memiliki pot unik. Disetiap rumah tentu memiliki mug atau gelas yang sudah tidak terpakai. Cobalah membuat kedua benda tersebut menjadi pot bunga cantik dan unik.

Nah, itulah informasi tentang bagaimana cara membuat pot bunga dari botol bekas serta rekomendasi pot bunga dari berbagai macam barang bekas yang bisa digunakan. Selain pot dari botol bekas, anda juga bisa mencoba cara menanam anggrek di dalam pot dengan metode yang benar agar hasil anggrek bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

8 Tanaman Merambat Untuk Pagar Agar Lebih Cantik

Tanaman Merambat - Siapa yang tidak ingin rumah atau tamannya terlihat cantik? tentu hal tesebut menjadi impian banyak orang ya. Memiliki rumah dan taman...

15 Tanaman Pembawa Hoki dan Rezeki Melimpah

Tanaman Pembawa Hoki - Siapa yang tidak suka dengan tanaman, di Indonesia sendiri ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh subur. Berbagai tanaman tentu...

15 Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Gantung Paling Cantik

Tanaman Hias Bunga - Siapa yang tidak menginginkan rumah atau taman tampil dengan nuansa bunga-bunga dan tanaman hias yang cantik dan menawan sehingga akan...

10 Tanaman Hias Indoor Dalam Air Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman Hias Indoor Dalam Air - Tanaman hias memiliki beragam jenis yang bisa di tanam pada media tanah ataupun air. Setiap tanaman hias juga...