Beranda Uncategorized Cara Membuat Pot Bunga Gantung Dari Barang Bekas Praktis

Cara Membuat Pot Bunga Gantung Dari Barang Bekas Praktis

Cara membuat pot bunga gantung dari barang-barang bekas saat ini memang menjadi tren, selain bisa mempercantik rumah, menggunakan bahan-bahan bekas juga mampu mengurangi sampah dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Tidak heran jika sekarang sudah banyak masyarakat yang sadar akan bahayanya sampah plastik, dan mengubahnya menjadi pot bunga yang cantik dengan berbagai macam warna-warni baik untuk tanaman ataupun bunga plastik.

Bahan untuk membuat pot gantung memang sangat mudah sekali di temukan, seperti botol bekas, kaleng bekas susu, dan berbagai macam lainnya. Bahan pendukung seperti tali, lem dan cat warna juga dibutuhkan agar semakin menarik.

Salah satu yang familiar mungkin pot bunga dari botol palstik yang sering diubah menjadi berbagai macam kreasi tidak hanya pot namun hiasan tembok, bunga dari botol bahkan ada yang mendaur ulang untuk dijadikan lukisan.

Cara Membuat Pot Bunga Gantung Dari Barang Bekas Paling Mudah

Cara Membuat Pot Bunga Gantung Dari Barang Bekas Paling Mudah

Nah, sekarang bagi anda yang masih bingung seperti apa langkah-langkah untuk membuat pot gantung dan apa saja bahan yang dibutuhkan, artikel kali ini akan membahas secara lengkap mulai dari bahan dan cara membuat, berikut ini informasi lengkapnya.

Cara Membuat Pot Bunga Gantung Dari Barang Bekas

1. Pot Bunga Gantung Dari Kaleng Bekas

1. Pot Bunga Gantung Dari Kaleng Bekas

Bahan-bahan

  • Paku
  • Kaleng Susu Bekas
  • Kuas
  • Cat Warna-warni
  • Tali

Cara Membuat

  1. Langkah pertama bersihkan kaleng bekas dari berbagai macam sisa noda ataupun tempelan kertas agar nantinya hasil pot bunga lebih rapih.
  2. Kemudian gunakan paku untuk melubangi di bagian bawah kaleng bekas karena nantinya untuk tempat pembuangan kelebihan air saat tanaman disiram.
  3. Jangan lupa lubangi kedua sisi bagian atas kaleng untuk tempat masuknya tali gantung.
  4. Selanjutnya cat keleng bekas susu dengan warna dan motif ataupun gambar kesukaan anda menggunakan kuas.
  5. Jika sudah dihias dan diberi cat warna, jemur kaleng bekas sampai catnya kering.
  6. Selanjutnya masukkan tali yang nantinya digunakan untuk menggantung pot dari kaleng.

2. Pot Bunga Gantung Dari Botol Bekas

2. Pot Bunga Gantung Dari Botol Bekas

Bahan-bahan

  • Siapkan botol bekas
  • Kertas kado
  • Pembolong kertas
  • Lem tembak atau lem fox
  • Cutter ataupun alat pemotong sejenis
  • Tali

Cara Membuat

  1. Pertama potong botol bekas sesuai ukuran yang anda inginkan
  2. Kemudian tempelkan botol bekas yang sudah dipotong tadi menggunakan kertas kado dan mengikuti bentuk atau pola botol tersebut dan rekatkan menggunakan lem tembak atau lem fox.
  3. Selanjutnya lubangi pada kedua sisi bagian atas botol untuk memasukan tali.
  4. Apabila anda ingin menggunakan pot gantung untuk tanaman, pertama lubangi dulu bagian bawah untuk jalan keluarnya air.
  5. Namun, anda juga bisa menggunakan pot ini untuk bunga plastik dan lainnya.

FAQ

Selain Kaleng dan Botol, Barang Bekas Apa Yang Bisa Dijadikan Pot?

Untuk pot gantung sendiri umumnya memang menggunakan botol dan kaleng bekas karena bentuknya yang lebih proposional untuk digantung. Namun, ada juga bisa menggunakan barang bekas lainnya seperti cangkir bekas, teko bekas, sepatu bekas, dan lain sebagainya.

Apakah Pot Dari Barang Bekas Bisa Tetap Awet?

Awet tidaknya semua tergantung dari perawatan masing-masing ya. Namun biasanya pot dari barang bekas akan tetap awet karena saat proses pembuatan di cet ulang atau dikreasikan dengan berbagai motif lain.

Demikian informasi lengkap tentang bagaimana cara membuat POT BUNGA DARI BARANG BEKAS yang bisa ilmupot.com sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda sebagai referensi dan menambah kreatifitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...