Beranda Tanaman Hias 7 Cara Menanam Anggrek di Pot Paling Mudah dan Simpel 2021

7 Cara Menanam Anggrek di Pot Paling Mudah dan Simpel 2021

Cara Menanam Anggrek di Pot – Menghias taman atau halaman rumah dengan bermacam bunga atau tanaman hias membuat halaman rumah atau taman menjadi lebih indah. Salah satu bunga atau tanaman hias yang mungkin bisa jadi pilihan yaitu bunga Anggrek. Bunga Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang tak pernah kehilangan pesonanya.

Bunga anggrek memiliki pesona yang tak kalah dengan dengan bunga hias lainnya. Anggrek sendiri memiliki banyak spesies. Mulai dari anggrek alam hingga anggrek budidaya semuanya memiliki pesona tersendiri. Pada dasarnya membudidayakan anggrek membutuhkan keahlian dan pengetahuan, pasalnya menanam bunga anggrek tak sekedar menanam bunga pada umumnya.

Kebanyakan bunga anggrek tumbuh menempel di batang pohon tanaman lain. Namun, sebenarnya menanam anggrek di pot juga dapat dilakukan. Ini bisa jadi solusi yang tepat apabila ingin menghias teras rumah dengan bunga Anggrek. Cara menanam anggrek di pot memiliki proses yang agak berbeda dengan menanam menggunakan media serabut kelapa.

Dimana dalam proses tersebut membutuhkan tanah yang subur. Cara menanam anggrek di pot dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Apabila kita dalam menanam anggrek asal menanam maka hasilnya anggrek bisa saja tak berbunga atau bahkan mati. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menanam anggrek kalian dapat simak ulasan yang Ilmupot.com sajikan berikut ini.

Cara Menanam Anggrek Di Pot Paling Mudah dan Simpel

Cara Menanam Anggrek Di Pot Paling Mudah dan Simpel

Dalam proses menanam Anggrek terdapat berbagai jenis media tanam dan bahan yang di perlukan. Seperti pot, akar pakis, moss sphagnum da bahkan juga arang kayu. Dari semua jenis bahan di atas arang merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan dan juga memiliki harga yang murah. Untuk yang penasaran dengan cara menanam anggrek di pot berikut informasinya.

1. Menyiapkan Bibit Kompot

Menyiapkan Bibit Kompot

Cara menanam Anggrek yang pertama tentunya yaitu menyiapkan bibit anggrek yang akan di tanam. Pastikan sebelum menanam,tentukan terlebih dahulu anggrek jenis apa yang ingin di tanam. Kalau kita boleh menyarankan, Anggrek jenis bulan atau dendrobium, karena kedua jenis anggrek tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi. Dan untuk meningkatkan keberhasilan dalam menanam sebaiknya gunakan bibit Kompot. Dengan menggunakan bibit kompot tingkat kehidupan saat dipindahtanamkan akan lebih besar. Adapun kriteria bibi kompot yang baik sebagai berikut.

  • Pastikan asal usul jelas.
  • Bibit kompot dalam kondisi sehat tanpa hama.
  • Bibit yang sehat memiliki daun berukuran lebar dan panjang serta berwarna hijau cerah.
  • Pastikan bibit tidak memiliki akar yang keluar dari pot.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Menyiapkan Alat dan Bahan

Menanam anggrek pastinya membutuhkan alat dan bahan. Alat aka membantu cara menanam, sedangkan bahan digunakan untuk membantu tanaman tumbuh. Adapun beberapa alat dan bahan yang harus di siapkan sebagai berikut.

  • Pot
  • Bibit Anggrek
  • Pecahan Batu Bata
  • Pupuk
  • Insektisida
  • Fungisida
  • Arang Kayu
  • Serabut Pakis

3. Proses Menanam

Proses Menanam

Setelah semua bahan sudah siap. Untuk menghasilkan tanaman anggrek yang bagus maka penanaman harus dilakukan dengan langkah yang benar. Berikut langkah-langkah penanamannya.

  • Siapkan pot dan isi dengan 1/3 pecahan batu bata. Pecahan batu bata disini berfungsi sebagai pemberat agar nantinya pot tidak pecah saat anggrek tumbuh besar.
  • Kemudian masukan 2/3 arang kayu yang telah direbus terlebih dahulu.
  • Setelah itu, siapkan bibit dalam kompot, keluarkan dengan hati-hati tanpa merusak perakaran.
  • Setelah itu, rendam keseluruhan bibit anggrek kedalam 2g/1 fungisida selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Jika sudah 15 menit angkat dan tunggu hingga cairan fungisida pada tanaman kering.
  • Selanjutnya, tanamkan bibit tersebut pada pot, pastikan akar tertanam sempurna kedalam pot.
  • Jika perlu tambahkan serabut pakis atau serabut kelapa kedalam pot.

4. Proses Penyiraman

Proses Penyiraman

Setelah bibit tertanam sempurna, cara selajutnya yaitu penyiraman. Penyiraman pertama dilakukan pada saat anggrek berusia 5 hari setelah tanam. Penyiraman dilakukan setiap pagi hari dan sore hari. Apabila saat musim penghujan penyiraman harus di kurangi agar anggrek tidak membusuk. Sedangkan pada saat musim kemarau, penyiraman harus di tingkatkan agar anggrek tidak layu.

5. Pemupukan

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk cair. Nantinya pemupukan dilakukan dengan pupuk dengan kandungan nitrogen larut dalam air dan kemudian disemprotkan ke tanaman. Semprotkan pupuk secara merata [ada tanaman. Jika pemyemprotan pupuk sudah dilakukan, maka tak perlu disiram menggunakan air lagi.

6. Pengendalian Hama

Pengendalian Hama

Hama yang sering menyerang tanaman anggrek sangat bervariasi. Namun, hama yang sering menyerang anggrek yaitu akar busuk atau daun busuk. Penyakit tersebut biasanya terjadi saat musim penghujan. Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan dengan cara penyemprotan fungisida dan bakterisida untuk mengendalikan pertumbuhan hama jamur dan bakteri penyebab kerusakan pada tanaman.

7. Bunga Anggrek Siap Berbunga

Bunga Anggrek Siap Berbunga

Setelah mengikuti semua cara di atas dengan benar dan tepat, maka bunga anggrek akan tumbuh dengan subur. Dan pada saatnya nanti pasti tanaman anggrek akan berbunga dengan indah yang akan membuat halaman rumah anda akan semakin indah.

Itulah beberapa cara menanam anggrek di pot yang dapat ilmupot sampaikan, semoga bermanfaat. Setelah mengetahui semua caranya, silahkan tanam bunga anggrek dengan mengikuti setiap cara di atas. Selamat mencobanya di rumah dan semoga anggrek bisa tumbuh subur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.