Beranda Tanaman Buah 4 Cara Menanam Anggur Dalam Pot Untuk Hasil Maksimal

4 Cara Menanam Anggur Dalam Pot Untuk Hasil Maksimal

Cara Menanam Anggur Dalam Pot – Anggur menjadi salah satu jenis buah tropis yang cukup banyak peminatnya. Buah anggur juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun buah anggur terbilang relatif mahal harganya jika dibangingkan dengan beberapa buah yang ada dipasaran. Mahalnya harga anggur disebabkan oleh sedikitnya sentra budidaya buah anggur karena sulit untuk di budidaya.

Meskipun demikian, buah anggur menjadi salah satu buah yang banyak digemari. Selain memiliki warna yang menarik, buah anggur juga memiliki rasa manis. Sehinga saat ini tidak heran banyak orang yang ingin menanamnya dirumah.

Untuk anda yang memiliki keinginan menanam buah anggur dirumah, tidak perlu kawatir karena anggur menjadi salah satu buah yang bisa di tanam pada media pot tanpa harus membutuhkan lahan yang lebar dan luas.

Cara Menanam Anggur Dalam Pot Untuk Hasil Maksimal

Cara Menanam Anggur Dalam Pot Untuk Hasil Maksimal

Pada topik kali ini ilmupot.com akan membahas lebih jauh bagaimana cara menanam anggur dalam pot untuk hasil buah yang maksimal. Agar lebih jelasnya silahkan simak artikel di bawah ini yang akan menjelaskan langkah demi langkahnya.

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

1. Penyemaian Benih Anggur

Langkah pertama yang harus dilakukan saat anda ingin menanam benih anggur, anda bisa mengikuti langkah-langkah penyemaian benih anggur dibawah ini :

  • Sama halnya dengan penyemaian buah lainnya, anda juga harus memilih benih anggur yang berkualitas agar bisa menghasilkan buah yang banyak.
  • Kedua siapkan media untuk persemaian yaitu dengan mencampurkan tanah halus dengan pupuk kandang serta perbandingannya 1:2.
  • Kemudian masukkan media tanam kedalam plastik persemaian dan jangan lupa tempatkan di lokasi yang bisa mendapatkan sinar matahari cukup dan jangan lokasi yang tidak terkena hujan.
  • Untuk mengetahui kualitas benih anggur bagus atau tidak, silahkan rendam benih kedalam air, pastikan anda menggunakan benih yang tenggelam, karena benih yang mengapung tandanya benih tidak bagus.
  • Langkah berikutnya tanam benih anggur kedalam media semai yang sebelumnya sudah disiapkan, tambahkan Furdan 3G untuk menghindari benih diserang hama.
  • Tunggu sampai sekitar 3-5 hari nantinya benih anggur akan mulai tumbuh dan bertunas.
    Selama proses tersebut lakukan pemeliharaan berupa penyiraman sampai bibit siap untuk ditanam dalam pot.

2. Menanam Anggur Dalam Pot

Setelah melakukan proses penyemaian benih anggur dan benih mulai tumbuh dan bertunas, langkah berikutnya adalah penanaman anggur dalam pot sebagai berikut ;

  • Pertama isi pot menggunakan media campuran tanaman serta pupuk kandang.
  • Sebelum menggunakan pot, pastikan anda memilih pot yang kuat, tidak mudah pecah, dan tahan cuaca.
  • Pilih pot dengan ukuran sedang.
  • Kemudian buatlah lubang tanam sesuai dengan kedalaman polibag bibit.
  • Sebelum menanam bibit anggur pilih bibit yang bagus dan tidak terkena serangan hama, lalu buka polibag dan tanam bibit kedalam pot seta mendia tanamnya.
  • Jangan lupa untuk menyiram media tanam dalam pot menggunakan air secukupnya saja, lalu tunggu beberapa hari maka tanaman bibit anggur mulai tumbuh.

3. Proses Penyiraman

Anggur yang sudah ditanam dalam pot harus disiram secara rutin, akrena ketika anggur ditanam dalam pot maka tanaman tidak mampu untuk menyediakan air sendiri. Pada masa awal pertumbuhan tanaman anggur membutuhkan jumlah air yang besar.

Oleh sebab itu, anda harus rutin melakukan penyiraman agar nantinya tanaman bisa memenuhi kebutuhan air. Apabila sedang musim kemarau anda harus meningkatkan intensitas penyiraman pada anggur. Namun, jika musim hujan datang anda tidak harus repot menyiram anggur.

4. Proses Pemupukan

Seiring dengan pertumbuhan tanaman anggur didalam pot maka sangat penting dilakukan proses pemupukan guna memberikan unsur hara tambahan yang masuk kedalam media tanam. Anda perlu memberikan pupuk organik serta pupuk anorganik. Selain itu anda bisa memberikan pupuk urea untuk sumber nitrogen, pupuk KCL yang memiliki fungsi meningkatkan kualitas buah anggur.

Apabila anda tidak memiliki pupuk yang sudah kami jelaskan, bisa saja menggunakan pupuk kandang alami yang bisa memberikan unsur hara tambahan bagi tanah. Pupuk kandang terlihat sederhana meskipun berasal dari kotoran hewan yang sudah kering menjadi salah satu pupuk kandang yang tepat.

5. Proses Pengendalian HPT

Tanaman anggur tidak bisa terhindar dari adanya hama yang bisa menyerang dan hama menjadi salah satu musuh petani. Pentingnya pengendalian HPT harus dilakukan agar nantinya tanman bisa tumbuh subur. Salah satu caranya dengan membunuh hama yang anda temui secara langsung pada tanaman anggur contohnya ulat daun.

Anda bisa mencoba menyemprotkan insektosida dengan dosis rendah apabila serangan hama dan penyakit mulai muncul. Hal paling penting ketika buah sudah mulai muncul adalah membungkusnya hal bertsebut bertujuan untuk menghindari lalat buah yang bisa menyebabkan kerusakan dan gagal panen.

Tips Membuat Tanaman Anggur Cepat Berbuah

Tips Membuat Tanaman Anggur Cepat Berbuah

Perlu anda ketahui kunci dari suksesnya budidaya tanaman anggur dalam pot agar tanaman cepat berbuah adalah dengan cara pemangkasan. Tidak hanya menjaga estetika dan bentuk dari tanaman anggur, pemangkasan juga memiliki fungsi penting agar tanaman anggur bisa cepat menghasilkan buah dengan kualitas bagus.

Cara memangkas tanaman anggur dengan cara membuang cabang ataupun batang tanaman yang sudah tua atau terserang penyakit dan hama. Hal tersebut bertujuan utnuk mengurangi pertumbuhan vegetatif yang bisa membuat tanaman anggur anda menghasilkan buah melimpah dan berkualitas.

Demikian informasi tentang bagaimana cara menanam anggur dalam pot untuk hasil buah yang baik dan berkualitas. Selain anggur yang bisa di tanam pada pot, anda juga bisa mencoba cara menanam tomat dalam pot dan bisa budidaya dirumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

8 Tanaman Merambat Untuk Pagar Agar Lebih Cantik

Tanaman Merambat - Siapa yang tidak ingin rumah atau tamannya terlihat cantik? tentu hal tesebut menjadi impian banyak orang ya. Memiliki rumah dan taman...

15 Tanaman Pembawa Hoki dan Rezeki Melimpah

Tanaman Pembawa Hoki - Siapa yang tidak suka dengan tanaman, di Indonesia sendiri ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh subur. Berbagai tanaman tentu...

15 Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Gantung Paling Cantik

Tanaman Hias Bunga - Siapa yang tidak menginginkan rumah atau taman tampil dengan nuansa bunga-bunga dan tanaman hias yang cantik dan menawan sehingga akan...

10 Tanaman Hias Indoor Dalam Air Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman Hias Indoor Dalam Air - Tanaman hias memiliki beragam jenis yang bisa di tanam pada media tanah ataupun air. Setiap tanaman hias juga...