Beranda Tanaman Hias Cara Menanam Bunga Bougenville dan Tips Perawatannya

Cara Menanam Bunga Bougenville dan Tips Perawatannya

Cara Menanam Bunga Bougenville – Bunga bougenville atau di Indonesia sendiri terkenal dengan nama bunga kertas. Tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer.

Selain itu, bunga bougenville juga terkenal dengan proses perawatan yang sangat mudah. Bunga bougenville juga memiliki warna yang beragam sehingga anda dapat berkreasi dengan berbagai jenis warnanya.

Tanaman bougenville biasanya ditanam diluar ruangan karena bunga bougenville menjadi salah satu tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari secara langsung. Sehingga banyak ditanam di pinggir jalan atau taman.

Taukah anda selain warnanya yang indah. Bunga bougenville juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu mengatasi masalah pencernaan dari kandungan yang ada di dalamnya.

Cara Menanam Bunga Bougenville dan Tips Perawatannya

Cara Menanam Bunga Bougenville dan Tips Perawatannya

Bagi anda yang mulai tertarik untuk memiliki bunga bougenville dan menanamnya dirumah. Artikel kali ini akan membahas secara detail bagaimana proses menanam bunga bougenville lengkap dengan tips perawatannya. Berikut inilah ulasan lengkap dan cara-caranya.

Cara Menanam Bunga Bougenville

1. Persiapkan Media Tanam

1. Persiapkan Media Tanam

Tanaman hias lebih menyukai media tanam yang berpori sebagai media sirkulasi udara yang nantinya sebagai drainase air yang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya media tanam yang digunakan untuk menanam bunga bougenville adalah media tanam yang dicampur dengan pasir.

Anda dapat menggunakan campuran pasir malang dan tanah humus sebagai media tanam bunga bougenville. Pasir malang kasar dapat membantu menstabilkan kelembapan sehingga nantinya bunga bougenville bisa tumbuh dengan subur.

2. Proses Menanam Bunga Bougenville

2. Proses Menanam Bunga Bougenville

Setelah anda mempersiapkan media tanam, langkah selanjutnya adalah proses penanaman bunga bougenville. Anda dapat membeli langsung bibit yang dijual di pasaran. Namun, apabila anda ingin mengembangbiakkan bunga bougenville bisa mengambil dari tanaman yang telah ada, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah stek batang.

Selanjutnya pilih tanaman bunga bougenville yang cukup dewasa lalu potong dengan cara menyerong serta meruncing. kemudian tancapkan batang tersebut ke media tanam sedalam kurang lebih 5 sentimeter.

3. Memangkas Tanaman Bunga Bougenville Dengan Tepat

3. Memangkas Tanaman Bunga Bougenville Dengan Tepat

Setelah anda melakukan proses penanaman bunga bougenville, anda harus rutin melakukan perawatan dengan cara pemangkasan. Anda dapat memangkas ranting, proses ini membantu tanaman bougenville tetap rapih dan memberi rangsangan agar bunga bougenville bisa tumbuh dan berbunga.

4. Siram Bunga Bougenville Secara Teratur

4. Siram Bunga Bougenville Secara Teratur

Sama seperti tanaman hias yang lain, bunga bougenville juga membutuhkan perawatan seperti disiram secara teratur dan secukupnya agar bunga bougenville dapat terus hidup subur. Perlu anda ketahui bahwa jenis bougenville memang memerlikan satu waktu dimana satu tahun tidak dilakukan penyiraman. Masa inilah disebut dengan masa kering.

5. Proses Pemupukan Ulang

5. Proses Pemupukan Ulang

Agar tanaman bougenville tetap mendapatkan nutrisi anda bisa menambahkan pupuk. Proses pemupukan biasanya dilakukan sebulan sekali. Pupuk yang digunakan dapat berbagai jenis seperti pupuk kompos, pupuk kandang, ataupun pupuk anorganik. Berikan pupuk sewajarnya dan secukupnya saja.

6. Letakkan Bunga Yang Terkena Sinar Matahari

6. Letakkan Bunga Yang Terkena Sinar Matahari

Untuk jenis tanaman bunga bougenville memang sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak. Hal tersebut membuat bunga bougenville lebih cocok diletakkan di luar yang secara otomatis terkena paparan sinar matahari langsung, dengan begitu bunga bougenville dapat tumbuh subur.

Demikian cara menanam bunga bougenville lengkap dengan tips perawatannya dari ilmupot.com yang dapat anda praktekan dirumah. Selain warnanya yang cantik, bunga bougenville juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...