Beranda Tanaman Hias 7 Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga

7 Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga

Tanaman krokot memiliki bunga yang indah dan banyak orang yang mencari bagaimana cara menanam bunga krokot agar cepat berbunga dan tumbuh subur.

Tanaman dengan nama latin portulaca ini sangat cocok menjadi tanamah hias baik untuk digantung ataupun sebagai hiasan di pinggir jalan dan teras rumah.

Penanaman bunga krokot yang satu ini juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang ribet seperti tanaman bunga lainnya.

Meskipun begitu, anda harus mengetahui tips bagaimana langkah-langkah agar tanaman krokot bisa cepat berbunga dan proses perawatannya.

Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga Lengkap Dengan Proses Perawatannya

Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga Lengkap Dengan Proses Perawatannya 1

Bagi anda yang ingin menanam bunga krokot, silahkan ikuti tips dan langkah-langkah disetiap proses penanamannya berikut ini.

Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga 1

1. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama siapkan media tanam menggunakan pot. Anda boleh menggunakan jenis pot polybag atau pot ember plastik. Baiknya menggunakan pot ember plastik agar tanaman terlihat lebih estetik.

2. Proses Pengisian Tanah

Jika anda sudah mendapatkan pot sesuai keinginan, langkah berikutnya adalah mengisi pot dengan tanah. Berikut ini cara membuat tanah humus yang tepat untuk menanam bunga krokot :

  • Kumpulkan sisa daun atau akar halus kering, bubuk kayu, sekam bakar, dan tanah gembur menjadi satu.
  • Kemudian larutkan sedikit EM4 dengan takaran 1 sendok gula dan 1 liter air ditambah dengan bakteri EM4 lalu diamkan 24 jam.
  • Selanjutnya siram larutan EM4 ke adonan tanah campur sampai merata.
  • Langkah terakhir tutup kembali tanah dan tunggu sekitar 2 minggu.

3. Proses Pemberian Pupuk Dasar

Apabila tanah humus yang sudah dipersiapkan sebelumnya telah masuk kedalam pot, jangan lupa untuk memberi pupuk dasar, dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama lubangi bagian tengah tanah didalam pot.
  • Selanjutnya bagian dasar isi pupuk organik butiran yang banyak dijual ditoko pertanian, untuk ukurannya satu genggang tangan per potnya.
  • Jika sudah, tutup kembali dengan tanah dan siram tanah tersebut.

4. Menanam Benih

Anda dapat menanam bunga krokot melalui biji atau potongan batang. Bagi anda yang memilih menanam melalui biji, ikuti langkah berikut ini :

  • Lubangi bagian tengah pot sedalam 2 cm.
  • Lalu lubang tersebut di isi dengan biji bunga krokot.
  • Jika sudah, setiap pot ditanami 1 sampai 3 biji bunga tergantung dari ukuran pot yang anda gunakan.
  • Tutup kembali dan siram.
  • Tunggu sampai biji bunga krokot tumbuh.

Setelah benih bunga krokot tumbuh, ada baiknya tidak langsung diletakan pada daerah atau tempat yang terkena terik matahari secara langsung. Tempatkan di area yang teduh agar bunga krokot bisa tumbuh lebih cepat. Jika sudah berusia 1 minggu silahkan tempatkan bunga krokot sesuai keinginan anda.

5. Penyiraman Bunga Krokot & Penyiangan

Setelah tanaman krokot mulai tumbuh jangan lupa untuk melakukan perawatan seperti penyiraman. Jika anda meletakkan pot dibawah lakukan penyiraman 5 hari sekali dan untuk pot yang digantung bisa dilakukan penyiraman 3 hari sekali. Agar bunga krokot tumbuh lebih cepat, saat melakukan penyiraman ditambah dengan pupuk organik cair.

Lakukan penyiangan sebulan sekali, karena tanaman yang satu ini didalam pot dan memiliki permukaan tanah jauh lebih sedikit, sehingga peluang tanaman ditumbuhi rumput liar terbilang kecil.

6. Lakukan Pemupukan Susulan

Bunga krokot menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh meski minim perawatan. Tidak perlu memberikan pupuk NPK cukup tambahkan saja pupuk dasar sekitar 2-3 bulan sekali.

Gunakan pupuk organik butiran agar mudah saat proses pengaplikasiannya yaitu dengan cara menggali pinggiran pot lalu isi dengan pupuk, dan jangan lupa tutup kembali pupuk, siram menggunakan air bersih secukupnya.

7. Mengatasi Hama & Penyakit

Setelah semua proses dilakukan, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah mengtasi hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman bunga krokot.

Ada beberapa jenis hama yang paling sering menyerang bunga krokot yaitu serangga ulat dan semut, untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan insektisida dan semprotkan ke tanaman.

FAQ

Bagaimana Penataan Pot Bunga Krokot Yang Tepat?

Untuk penataan pot sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran pot masing-masing. Ada baiknya tanaman bunga krokot jangan menggunakan pot besar, karena tanaman jenis yang satu ini lebih cocok menggunakan pot ukuran kecil sampai sedang. Anda juga bisa meletakaan pot di teras atau digantung.

Seperti Apa Tanda-tanda Tanaman Krokot Akan Mati?

Beberapa tanda-tanda ini bisa anda lihat pada fisik tanaman krokot seperti daun yang mulai menguning dan kering, batang akan kering dan juga menyusut, daunnya juga mulai gugur serta bunga krokot sudah tidak muncul lagi. Jika muncul tanda tersebut sebaiknya segera lakukan pergantian tanaman krokot.

Bagaimana Tips Menanam Bunga Krokot Agar Cepat Berbunga?

Silahkan anda beli bibit bunga krokot yang berbeda warna dan padukan 2 ataupun 3 beih pada satu pot, jangan lupa untuk menyemprotkan pupuk organik cair 10 hari sekali agar kesegaran tanaman krokot tetap terjaga dan bisa tumbuh subur dan cepat berbunga.

Setelah membaca ulasan diatas mengenai cara menanam bunga krokot dari ilmupot.com. Anda bisa langsung menanamnya sendiri dirumah dengan mudah. Bunga krokot bisa menjadi salah satu TANAMAN HIAS BUNGA GANTUNG yang cocok untuk mempercantik hunian anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?