Beranda Tanaman Dapur Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur

Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur

Menanam daun bawang sisa masak di dapur memang menjadi alternatif agar anda bisa menggunakan daun bawang tanpa membeli. Dengan begitu, bisa menghemat uang belanja dan kita menjadi lebih kreatif.

Karena keadaan seperti sekarang yang mengharuskan kita tetap berada dirumah dalam waktu yang cukup panjang, menanam bisa jadi ide untuk menghilangkan jenuh. Terlebih jika kita memanfaatkan waktu dengan menanam bahan sisa seperti daun bawang.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua bahan sisa hanya dapat dibuang begitu saja. Kita dapat menanam beberapa jenis sayuran yang sering diabaikan padahal jika di tanam dia bisa tumbuh kembali tanpa harus repot memberi perawatan.

Daun bawang salah satunya yang dapat ditanam kembali. Untuk tempat menanamnya anda bisa menggunakan botol air mineral atau pot. Sama seperti menanam cabe rawit dalam pot.

Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur Agar Bisa Tumbuh Lagi

Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur Agar Bisa Tumbuh Lagi

Agar sisa potongan daun bawang tidak mubazir, anda bisa memanfaatkannya dengan cara di tanam kembali agar bisa tumbuh. Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Langkah-langkah Menanam Daun Bawang Sisa Dapur

Langkah langkah Menanam Daun Bawang Sisa Dapur

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang Indonesia pasti familiar dengan daun bawang yang menjadi salah satu pelengkap masakan yang tidak boleh ketinggalan di dalam kulkas. Nah, inilah langkah-langkah menanam daun bawang sisa.

1. Potong Daun Bawang

Agar bisa ditanam kembali, anda dapat memotong daun bawang kurang lebih 2-3 cm di bagian bawah daun bawang yang masih banyak akarnya

2. Letakkan Pada Gelas Berisi Air

Jika anda telah memotong daun bawang 2-3 cm, selanjutnya adalah meletakkan potongan daun bawang yang ada akarnya kedalam gelas transparan dengan ketinggian air cukup seakarnya saja dan bisa menggunakan gelas bekas.

3. Sesuaikan Tempat Tanam

Agar bisa tumbuh maksimal, setelah daun bawang diletakkan pada botol bekas atau gelas, anda bias meletakkannya di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari yang cukup.

4. Ganti Air

Hal yang tidak boleh dilupakan saat menanam daun bawang sisa adalah mengganti air, silahkan ganti air setiap 2 hari sekali.

5. Waktu Pertumbuhan Daun Bawang

Sejak ditanam, anda bisa melihat pertumbuhan daun bawang dalam waktu 5-7 hari maka secara fisik terlihat daun bawang akan mulai tumbuh.

6. Pindahkan Daun Bawang ke Pot

Jika anda telah melihat pertumbuhan daun bawang yang baik, bisa mengganti atau memindahkan daun bawang ke pot kecil yang berisi tanah. Gunakan tanah yang subur agar hasil pertumbuhan daun bawang bisa maksimal.

7. Cara Panen Daun Bawang

Terakhir adalah proses panen daun bawang, apabila daun bawang tumbuh subur, anda bisa memanen dengan cara potong bagian atasnya saja agar daun bawang bisa tumbuh kembali.

Itu tadi ulasan mengenai cara menanam daun bawang sisa dapur yang telah ilmupot.com bagikan. Selain daun bawang, anda beberapa jenis sayuran seperti sawi, kubis, selada, wortel, cabai dan lain sebagainya yang bisa ditanam kembali meski dari bagian sisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...