Beranda Tanaman Dapur 6 Cara Menanam Daun Mint di Pot Paling Mudah

6 Cara Menanam Daun Mint di Pot Paling Mudah

Daun mint memang dikenal memiliki harga yang cukup tinggi dipasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menanam daun mint di pot dengan cara yang mudah.

Tanaman ini juga bisa untuk mengusir nyamuk dan menjadi penyegar di dalam rumah, oleh karena itu bnyak sekali yang menyukai tanaman ini untuk di tanam atau di budidayakan di sekitar rumah.

Kemudian tanaman yang bernama latin Mentha L ini memiliki 20 lebih jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Dan budidaya daun mint ini juga relatif sangat mudah dan bisa anda laukan di rumah dengan menggunakan media pot dan juga bisa di pekarangan .

Cara Menanam Daun Mint di Pot Bisa Langsung Dicoba Dirumah

Cara Menanam Daun Mint di Pot Bisa Langsung Dicoba Dirumah

Untuk anda yang ingin menanam atau membudidayakan tanaman daun mint di dalam pot silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menanam Daun Mint di Pot

Cara Menanam Daun Mint di Pot

1. Pemilihan Lahan

Jika ingin daun mint bisa tumbuh dengan baiK, perhatikan juga lahan yang akan di gunakan. Daun mint bisa tumbuh dan berkembang di segala kondisi, lingkungan yang paling ideal utuk menanam daun mint adalah di tempat yang dingin atau dengan kelembaban yang tinggi, ada juga yang bisa di tanam di daratan rendah misal jenis mint arvensis, dan pemilihan tanah yang gembur serta drainase yang baik.

2. Memilih Bibit Daun Mint

Bibit daun mint bisa anda dapatkan di toko pertanian dengan jenis yang anda inginkan, atau dengan menggunakan bibit yang sudah ada dengan memakai tanaman yang sudah dewasa atau indukan. Cara menanam daun mint yang dari indukan adalah potong bagian cabang di pucuk lalu rendam cabang yang sudah anda potong ke dalam gelas yang sudah terisi dengan air agar memicu pertumbuhan, dan tempatkan gelas tersebut di area yang mendapat cahaya matahari yang cukup sampai mucul akar yang menandakan daun mint siap di pindahkan ke pot.

3. Penanaman Di Pot

Siapkan pot dengan ukuran yang anda inginkan dan berikan lubang di bawah pot untuk sistem drainasenya, kemudian tutup bagian dalam pot dengan polimer agar menjaga kelembaban tanah,lalu campurkan media tanam dengan pupuk kandang, masukan tanah yang sudah tercampur tadi ke dalam pot sebanyak 3/4 bagian kemudian biarkan selama 4 sampai 5 hari, pindahkan bibit daun mint yang sudah berakar ke dalam pot yang sudah di siapkan dan tutup kembali dengan campuran tanah yang tadi. Selanjutnya letakan pot di teras rumah atau dekat jendela agar mendapat cahaya matahari yang baik.

4. Penyiraman

Untuk penyiraman bisa di laukan setiap hari sekali supaya tanah tetap lembab dan singkirkan tanaman lain yang mengganggu pertumbuhan daun mint, dan potong daun yang menggalami cacat atau rusak.

5. Pemberian pupuk

Pada umumnya tanaman juga memerlukan makanan,seperti tanaman daun mint ini juga membutuhkannya semisal pemberian pupuk yang bisa di lakukan jika tanaman sudah memasuki usia 2 sampai 3 minggu anda bisa memberikan pupuk kandang atau pupuk urea.

6. Pemanenan Daun Mint

Memanen daun mint bisa di lakukan pada indukan yang dewasa, biasanya yang sudah masuk watku 6 sampai 8 minggu yang siap buat di panen. DAn waktu terbaik untuk memanen daun mint bisa dilakukan pada pagi hari antara jam 8 sampai 10 pagi.

Manfaat Daun Mint

Manfaat Daun Mint

Ternyata daun mint banyak juga manfaatnya bagi kesehatan manusia, daun mint bisa juga untuk mencegah bau mulut mint pada daun memiliki sifat antibakteri dan antikuman yang kuat.selain untuk mencegah bau mulut daun mint juga bisa untuk melancarkan pencernaan, meringgankan gejala flu biasa dan juga migrain. Mengonsumsi daun mint bisa lngsung di kunyah daunnya atau dengan di bikin sebuah minuman herbal.

FAQ

Selain Penanaman Dalam Pot, Apakah Daun Mint Bisa Ditanam Menggunakan Metode Lain?

Selain bisa ditanam didalam pot, daun mint juga bisa anda tanam menggunakan metode stek batang atau

Bagaimana Tips Membuat Daun Mint Tumbuh Subur?

Untuk bisa membuat daun mint tumbuh subur, anda perlu melakukan perawatan serta menggunakan metode tanam yang tepat.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Mint Agar Bermanfaat?

Mengolah daun mint terbilang mudah, jika anda ingin mendapatkan sensasi segar saat minum teh, bisa ditambahkan langsung kedalam teh, namun jangan lupa untuk dicuci bersih.

Demikian ulasan mengenai cara menanam daun mint di dalam pot paling mudah dari ilmupot.com. Selain daun mint anda juga bisa MENANAM CABE RAWIT DI POT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?