Beranda Tanaman Buah 8 Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar & Lebat

8 Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar & Lebat

Bagi anda pemula yang ingin tau bagaimana cara menanam jagung manis agar berbuah besar dan juga lebat, baiknya mengetahui secara jelas.

Karena setiap proses penanaman jagung sangat berpengaruh pada hasil panen nantinya mulai dari pemilihan lahan sampai dengan perawatannya.

Untuk itu, perlu dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan prosedur yang biasa digunakan para petani jagung untuk menanam jagung manis.

Namun, tentunya petani juga menginginkan hasil panen jagung yang memiliki buah besar dan melimpah serta berkualitas baik.

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar Paling Ampuh

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar Paling Ampuh

Agar lebih jelas seperti apa cara menanam jagung manis agar berbuah besar, anda bisa simak ulasan dibawah ini yang akan membahasnya secara lengkap.

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar

1. Proses Pengolahan Lahan

Anda dapat melakukan pengolahan lahan tanam untuk jagung manis, dengan langkah berikut ini :

  • Langkah pertama, lahan dicangkul dahulu sebelum digunakan, tujuannya adalah agar tanah menjadi gembur.
  • Setelah lahan dicangkul, diamkan tanah kurang lebih selama 5-7 hari untuk dianginkan.
  • Selanjutnya bersihkan gulma yang ikut menempel di tanah.
  • Apabila lahan yang digunakan bekas sawah, bisa langsung ditanami benih jagung manis, dan tentunya pastikan anda sudah membuat drainase agar lahan tidak tergenang air, atau alternatifnya bisa menggunakan sistem bandengan.
  • Silahkan buat lubang tanam tugalan dengan kedalaman sekitar 5 cm dan jarak antar satu lubang dengan lubang lainnya antara 50-70 cm, tujuannya agar jagung bisa tumbuh dengan baik.
  • Selanjutnya semprotkan larutan herbafarm cair dengan ukuran dosis 10 tutup botol ditambah dengan 14 liter air untuk lahan sekitar 500m2.

2. Proses Pemilihan Bibit Jagung Manis

Pada proses ini anda perlu memilih bibit jagung manis dengan baik dan berkualitas karena sangat berpengaruh pada hasil panen nantinya. Pilihlah benih jagung yang sehat, tidak mengandung penyakit, dan tentunya berkualitas. Saat ini sudah banyak benih jagung manis berkualitas yang dijual secara online.

3. Langkah Penanaman

Cara penanaman dilakukan dengan cara memasukkan 2 atau 3 bibit jagung manis kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu ditutup dengan tanah kembali.

Baiknya jagung manis ditanam pada awal musim penghujan sehingga nantinya ketersediaan air dapat mencukupi kebutuhan untuk proses pertumbuhan jagung manis tersebut. Namun, jika anda menanam saat musim kemarau pastikan bibit jagung manis mendapat air yang cukup dengan cara lakukan penyiraman berkala.

4. Perawatan Tanaman Jagung Manis

Sama dengan tanaman berbuah lainnya, jagung manis juga membutuhkan perawatan agar bisa menghasilkan banyak jagung manis berkualitas saat panen, berikuti ini beberapa perawatan yang harus anda lakukan dengan baik :

Pemupukan

Lakukan pemupukan menggunakan pupuk berkualitas dengan dosis yang disesuaikan dengan lahan tanam. Anda dapat melakukan pemupukan setiap minggu pada bulan pertama dan setiap dua minggu untuk bulan keduanya. Bisa juga pemupukan dilakukan sesuai dengan kebiasaan para petain yaitu sekitar dua kali permusim.

Penyiraman

Proses selanjutnya adalah penyiraman, proses ini bisa dilakukan jika kondisi tanah sangat kering atau penanaman jagung dilakukan dimusim kemarau. Namun, jika anda melakukan penanaman saat musim penghujan tidak perlu menyirami cukup perhatikan drainase yang baik.

Pemberantasan Hama & Penyakit

Proses perawatan yang satu ini bisa dibilang cukup berat karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman jagung manis. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan proses pemeberantasan hama dan penyakit agar tanaman jagung bisa tumbuh secara maksimal.

5. Proses Panen

Jika semua proses sudah dilalui dan jagung manis siap untuk dipanen. Jagung manis bisa anda panen pada usia 3 bulan untuk itu masa panen juga tergantunf dari tingkat kesuburan tanaman. Lakukan pengecekan di beberapa pohin sebagai sampel sebelum anda melakukan panen menyeluruh.

FAQ

Kapan Waktu Panen Yang Tepat Untuk Jagung Manis?

Perhatikan waktu panen karena menentukan kualitas jagung manis yang anda tanam. Baiknya dipanen tidak terlalu muda karena bisa membuat biji jagung mudah keriput. Sesuaikan waktu panen sekitar 3 bulan dari proses penanaman.

Tips Budidaya Jagung Manis Agar Berbuah Besar?

Tentu saja point penting dalam budidaya jagung manis ada pada semua proses sejak awal pemilihan lahan sampai dengan proses panen sehingga semuanya harus dilakukan dengan baik untuk hasil jagung manis besar dan berkualitas.

Seperti Apa Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis?

Ada beberapa syarat tumbuh tanaman yang satu ini, salah satunya adalah kondisi pertumbuhan tanaman jagung yaitu ketinggian 5 – 1.200 m diatas permukaan laut, kelembapan tanah 80%, pH 2,3, dan juga suhu 15-20 derajat celcius.

Semoga informasi mengenai cara menanam jagung manis agar berbuah besar yang sudah ilmupot.com sampaikan bisa bermanfaat untuk anda yang ingin mulai budidaya jagung manis. Hal yang perlu diperhatikan lainnya mengenai tanaman jagung cukup penting yaitu bagaimana CARA PEMUPUKAN JAGUNG yang baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

7 Cara Menanam Anggrek di Pot Paling Mudah dan Simpel 2021

Cara Menanam Anggrek di Pot - Menghias taman atau halaman rumah dengan bermacam bunga atau tanaman hias membuat halaman rumah atau taman menjadi lebih...

Cara Menanam Terong di Pot

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam terong, selain di lahan terbuka, terong juga dapat ditanam pada media pot atau polybag....

Cara Menanam Singkong

Singkong, ubi kayu atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon dikenal luas umbinya bisa digunakan sebagai makanan pokok sedangkan untuk daunnya dijadikan...

Cara Menanam Melon di Pot

Menanam melon di pot terbilang gampang-gampang sulit, karena anda harus memperhatikan dari awal pemilihan bibit, proses perawatan sampai dengan cara panen melon...