Beranda Tanaman Buah Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Menanam kelengkeng dalam pot membutuhan cara dan langkah-langkah yang tepat. Anda perlu memperhatikan mulai dari pemilihan bibit sampai proses panen.

Biasanya buah kelengkeng di tanam pada lahan luas dan tanah subur. Namun, jika anda tidak memiliki lahan yang luas, bisa coba tanam kelengkeng di dalam pot dan letakkan di pekarangan rumah.

Saat ini, tidak hanya buah kelengkeng, anda juga bisa menanam anggur dalam pot dan penting mengetahui media tanam anggur apa yang tepat digunakan. Hal tersebut penting karena berpengaruh pada proses pertumbuhan buah.

Untuk itu, bagi anda yang tertarik menanam kelengkeng di pot, baiknya simak ulasan di bawah ini. Jangan lupa catat setiap detail awal penanaman sampai masa panen kelengkeng tiba.

Langkah-langkah Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Siapkan Media Pot Untuk Menanam

Siapkan Media Pot Untuk Menanam

Perlu diketahui sebelumnya, kelengkeng mampu tumbuh optimal di ketinggian 200 sampai 600 mdpl. Saat ini sudah banyak masyarakat yang menanam kelengkeng di pot agar menghemat tempat. Tentu saja kelengkeng membutuhkan media utamanya seperti pot dengan diameter 40 sampai 100 cm.

Anda juga bisa membeli pot berbahan semen atau plastik di toko-toko pertanian. Agar bisa membuat tabulampot kelengkeng anda perlu memasukkan pupuk organik ke dalam pot, masukkan pasir halus dan tanah. Selanjutnya siram air agar kondisi tanah terjaga kelembapannya. Jika sudah, media siap digunakan.

Pilih Bibit Kelengkeng Berkualitas

Pilih Bibit Kelengkeng Berkualitas

Setelah media tanam siap, silahkan cari atau pilih bibit kelengkeng berkualitas baik. Bisa membeli bibit kelengkeng di toko pertanian sesuai dengan varietasnya. Namun, apabila anda ingin membuat bibit sendiri, silahkan gunakan cara penanaman vegetatif seperti cangkok.

Hal yang penting di perhatikan saat memilih bibit kelengkeng yaitu pastikan bibit dalam keadaan baik agar nantinya bisa berbuah banyak, tahan terhadap hama dan penyakit serta buah berkualitas.

Cara Menanam Kelengkeng di Pot

Cara Menanam Kelengkeng di Pot

Setelah media tanam dan bibit telah siap, langkah berikutnya anda langsung saja menanam bibit kelengkeng ke media tanam. Cara menanam cukup mudah, langsung saja letakkan bibit di tengah-tengaj pot dan masukkan masukkan media tanam ke pot sampai akar tidak terlihat.

Perawatan Kelengkeng Dalam Pot

Perawatan Kelengkeng Dalam Pot

Lakukan Penyiraman Teratur

Kelengkeng tidak bisa tumbuh begitu saja tanpa adanya perawatan. Sama seperti cara menanam buah pada umumnya, kelengkeng perlu disiram sesuai dengan usianya. Lakukan cara penyiraman pada pagi atau sore hari.

Pemberian Pupuk

Pemberian bubuk pada kelengkeng juga penting diperhatikan, mengingat semua buah butuh pupuk di setiap proses pertumbuhannya.

Perhatikan dalam dosis, tipe, cara dan jenis pupuk yang digunakan. Anda dapat memberikan pupuk kimia 3 kali dalam 2 tahun, gunakan pupuk NPK dan urea secukupnya saja.

Proses pemberian pupuk dilakukan dengan cara melubangi tanah disekitar pohon lalu masukkan pupuk ke dalam pot secukupnya, tutup lagi dengan tanah. Jika sudah, siram menggunakan air bersih agar pupuk bisa diserap baik oleh pohon kelengkeng.

Lakukan Pemangkasan Pada Cabang

Proses pemangkasan dilakukan agar pohon kelengkeng menjadi rindang dan percabangan tidak terlalu banyak, tidak terlalu tinggi dan bisa berbuah lebat alami. Cara pemangkasan ini bisa dilakukan ketika tanaman kelengkeng telah tumbuh tunas baru.

Nantinya sesudah cabang primer tumbuh cabang baru yaitu cabang sekunder. Silahkan pangkas cabag sekunder sisakan 3 buah cabang saja lalu biarkan sampai kelengkeng berbuah.

Pengendalian Hama & Penyakit Kelengkeng Dalam Pot

Pengendalian Hama Penyakit Kelengkeng Dalam Pot

Pohon buah memang tidak bisa terlepas dari adanya hama dan penyakit, terlebih kelengkeng. Biasanya akan ada kelelawar yang bisa menyerang kelengkeng, untuk mengatasi hal tersebut silahkan bungkus kelengkeng yang mulai berbuah agar tidak diserang atau dirontokkan oleh kelelawar.

Ulat juga sering menyerang kelengkeng, silahkan potong bagian daun atau ranting jika ada ulat lalu semprot dengan pestisida. Jika kelengkeng menguning dan bintik hitam, anda bisa langsung semprot fungisida yang berbahan aktif benomil, bitertanol, difenoxonazol, serta heksakonazol.

Proses Panen Kelengkeng Dalam Pot

Proses Panen Kelengkeng Dalam Pot

Proses panen dilakukan apabila buah kelengkeng matang merata. Untuk ciri-ciri kelengkeng siap panen yaitu buahnya besar, berwarna kuning kecoklatan cerah, serta rasanya manis. Lakukan panen di pagi atau siang hari dengan cara potong pangkal menggunakan pisau atau gunting tajam.

Sekian langkah-langkah cara menanam kelengkeng di pot dari ilmupot.com yang bisa anda ikuti setiap prosesnya. Meski di tanam pada media pot, jika semua cara diikuti dengan benar tetap bisa mengahsilkan buah kelengkeng berkualitas baik.

Berita sebelumyaUmur Pohon Anggur
Berita berikutnyaPupuk Untuk Padi Bunting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...