Beranda Tanaman Buah Cara Menanam Melon di Pot

Cara Menanam Melon di Pot

Menanam melon di pot terbilang gampang-gampang sulit, karena anda harus memperhatikan dari awal pemilihan bibit, proses perawatan sampai dengan cara panen melon di pot yang benar untuk hasil terbaik.

Buah melon tidak hanya bisa ditanam pada lahan yang luas, menggunakan media pot anda tetap bisa menanam dan menghasilkan melon berkualitas. Tentunya diimbangi dengan proses yang tepat dari awal sampai akhir.

Selain buah melon, anda juga bisa menanam anggur dalam pot dengan metode yang praktis. Selain itu, jika anda memilih menggunakan pot pastikan memilih media tanam yang tepat pada setiap jenis buah atau sayuran yang akan ditanam.

Sebelum menanam buah melon baik di lahan yang luas ataupun di pot, anda harus mengerti apa saja syarat tumbuh melon. Sehingga nantinya bisa dilakukan penanaman secara maksimal dan metode yang tepat.

Cara Menanam Melon di Pot Paling Praktis

Cara Menanam Melon di Pot Paling Praktis

Untuk anda yang ingin menanam melon praktis dan mudah tanpa harus memiliki lahan luas, bisa simak ulasan dibawah ini mengenai cara menanam melon di pot paling mudah.

Syarat Tumbuh Melon

Syarat Tumbuh Melon
  • Melon bisa tumbuh di dataran menengah dan suhunya sedikit dingin yaitu pada ketinggian 300-1000 mdpl,jika kurang dari ketinggian tempat maka pertumbuhan melon kurang maksimal
  • Tanaman melon lebih senang di daerah terbuka karena melon membutuhjan sinar matahari selama 10 jam per harinya
  • Umumnya, melon dapat tumbuh di suhu 25-30 derajat celcius dan juga kelembapan udara 70 sampai 80% serta curah hujan 1500-2500 mm/tahun

Langkah-langkah Menanam Melon di Pot

Proses Persiapan Media Tanam

Proses Persiapan Media Tanam

Perlu diketahui media tanam untuk melon harus menggunakan tanah gembur dan terdapat banyak kandungan unsur hara. Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam melon adalah campuran tanah, pupuk kandang, sekam bakar atau arang sekam dan sekam mentah. Untuk perbandingannya 3:2:1:1, aduk semua bahan sampai tercampur merata

pH yang ideal untuk menanam melon yaitu 6-7, apabila pH dibawah 6 sebaiknya beri tambahan kapur dolomit dan campur ke media tanah. Jika semua media tanam telah tercampur merata, biarkan ditempat yang terlindung dari sinar matahari dan hujan sekitar 5 hari.

Proses Persiapan Bibit/Benih Buah Melon

Proses Persiapan Bibit Benih Buah Melon

Anda bisa mendapatkan bibit/benih melon di toko pertanian, namun apabila anda membutuhkan sedikit saja benih dapat membelinya secara online.
Untuk benih melon bisa langsung ditanam atau disemai. Apabila disemai, silahkan siapkan media semainya dengan mencapur tanah dan pupuk kandang serta perbandingan 3:1 dan ikuti langkah dibawah ini :

  • Silahkan masukkan media semai ke pot tray ataupun polybag berukuran kecil
  • Selanjutnya rendam benih melon dengan air hangat-hangat kuku kurang lebih 2 jam
  • Tiriskan dan simpan dengan kertas koran yang telah dibasahi
  • Langkah berikutnya masukkan koran berisi benih melon kedalam plastik, simpan ditempat gelap sekitar 24 jam
  • Apabila benih mulai berkecambah, boleh masukkan benih ke polybag atau pot tray, jangan lupa lubangi media semainya lalu masukkan benih dengan posisi calon akarnya berada di bagian bawah
  • Kurang lebih seminggu, bibit melon sudah siap dipindah ke media tanam

Metode Menanam Melon di Pot

Metode Menanam Melon di Pot
  1. Pertama siapkan pot plastik dengan ukuran diameter 30 cm atau lebih
  2. Persiapkan media tanam yang telah dibuat sebelumnya
  3. Selanjutnya masukkan media tanam ke dalam pot sampai ketinggian 5 cm, tambahkan pupuk NPK 50 gram dan Furadan 20 gram dibagian atas
  4. Proses berikutnya masukkan bibit melon ke dalam media tanam, hati-hati jangan sampai merusak akar
  5. Jangan lupa pasang ajir sebagai tempat merambat pohon melon. Anda bisa membuat ajir dari bambu, besi atau paralon dengan tinggi 1,5 sampai 2 meter
  6. Lakukan penyiraman agar media tanam lembab, letakkan pot di tempat yang mendapat cukup sinar matahari

Perawatan Tanaman Melon di Pot

Perawatan Tanaman Melon di Pot

Untuk melakukan perawatan pada pohon melon perlu dilakukan penyiraman cukup satu kali sehari yaitu saat pagi atau sore hari menggunakan sprayer. Ketika melon mulai terbentuk sebaiknya penyiraman dikurangi menjadi 2 sampai 3 kali sehari.

Perhatikan pemupukan pada melon setelah berumur 6 sampai 14 hari bisa beri pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 10 gram per tanaman melon, ulangi setiap 14 hari. Jangan lupa berikan pupuk KN03 dengan ukuran dosis 5 gram per tanaman setiap 1 bulan sekali. Sebelum diberikan larutkan pupuk kedalam 1 liter air.

Selain kedua proses diatas, anda harus memperhatikan pengendalian hama dan penyakit. Penting untuk melakukan pencegahan hama dan penyakit dengan cara menjaga kebersihan sekitar area tanam. Apabila terlanjur terserang penyakit, bisa lakukan penyemprotan pestisida organik, proses penyemprotan dilakukan pagi hari, dan bisa diulangi 4-5 hari sekali.

Proses Panen Melon

Proses Panen Buah Melon

Jika melon sudah berumur kurang lebih 90 hari setelah masa tanam, maka buah sudah siap panen. Untuk ciri-ciri melon siap panen yaitu buah mengeluarkan aroma harum khas melon, serat jala yang ada dipermukaan kulit mulai terlihat jelas dan kasar. Adanya retakan-retakan kecil di kulit melon, warana kulit hijau kekuningan serta daun mulai mengering.

Begitulah cara menanam melon di pot paling mudah dan praktis dari ilmupot.com. Dengan memperhatikan setiap proses penanaman sejak awal sampai akhir maka besar kemungkinan anda bisa mendapatkan buah melon yang baik.

Berita sebelumyaCara Menanam Kacang Panjang
Berita berikutnyaCara Menanam Singkong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...