Beranda Tanaman Buah 8 Cara Menanam Pisang Cavendish Buah Besar

8 Cara Menanam Pisang Cavendish Buah Besar

Cara Menanam Pisang Cavendish – Pisang yang satu ini sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Selain memiliki rasa yang manis dan enak, pisang cavendish juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Biasanya ketika seseorang sedang menjalankan prgoram diet, pisang menjadi salah satu buah yang masuk kedalam daftar buah yang selalu ada. Karena pisang cavendish mengandung mineral, karbohidrat, vitamin dan lainnya.

Pisang cavendish ini memiliki warna kulit kuning dan halus merata. Saat ini juga sudah banyak masyarakat yang mulai membudidayakan pohon pisang cavendish untuk dijual ataupun dikonsumsi sendiri.

Ukuran pisang cavendish cukup besar yaitu sekitar 15-25 cm. Jika anda ingin mendapatkan pisang cavendish bisa dengan mudah menemukan di supermarket ataupun pasar tradisional. Pisang cavendish dijual dengan harga cukup terjangkau.

Cara Menanam Pisang Cavendish Untuk Hasil Panen Melimpah

Cara Menanam Pisang Cavendish Untuk Hasil Panen Melimpah

Dengan berbagai macam keunggulan pisang cavendish, maka tidak heran jika buah yang satu ini menjadi pilihan para petani dan pelaku usaha. Untuk anda yang ingin mencoba menanam pisang cavendish bisa menyimak panduan lengkap menaman pisang cavendsih di bawah ini.

Cara Menanam Pisang Cavendish

1. Proses Pemilihan Bibit

1. Proses Pemilihan Bibit

Untuk bibit pisang yang satu ini bisa anda dapatkan melalui tunasnya, langkah pertama ambil tunas dari tanaman induk pisang dengan kualitas baik yang dapat anda lihat dari buahnya. Pilih tunas yang memiliki tinggi kurang lebih 1-1,5 meter dengan diameter batang sekiat 7-12 cm.

2. Proses Pengolahan Lahan Tanam

2. Proses Pengolahan Lahan Tanam

Untuk lahan tanam yang digunakan untuk menanam pisang cavendish, pertama buat saluran air disekitarnya. Tujuan dibuat saluran air agar nantinya tidak ada air menggenang di dekat tunas karena bisa menyebabkan tunas pisang menjadi busuk.

Jangan lupa periksa keasaman tanah, apalagi jika tanah sering diberi pupuk kimia, apabila pH tanah kurang dari 5 bisa anda beri kapur dengan dosis kurang lebih 300 kg/ha. Hal ini dilakukan agar kadar keasaman tanah tidak tinggi dan bisa kembali stabil.

Kemudian buatlah lubang untuk tanam dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antar lubang kurang lebih 3 sampai 4 meter. Untuk bagian atas jangan lupa campurkan dengan pupuk NPK satu sendok makan, pupuk puradon satu sendok makan, dan pupuk kandang 2 kg. Biarkan dalam keadaan seperti itu selama 1 hingga 2 minggu.

3. Proses Penanaman

3. Proses Penanaman

Untuk proses penanaman paling tepat dilakukan saat musim penghujan karena nantinya tunas pisang bisa mendapatkan curah hujan cukup. Proses penanaman buah pisang cavendish sebagai berikut :

  • Tanam bibit unggulan pisang cavendish dengan cara melepasnya dari polibag, jangan lupa pastikan media tanam dan akar tetap menyatu.
  • Kemudian benamkan bibit pisang ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Posisikan bibit pisang lebih tinggi dari permukaan tanah kurang lebih 20 sampai 30 cm.
  • Selanjutnya siram bibit pisang cavendish yang sudah ditanam dengan air secukupnya.

4. Proses Perawatan Pisang Cevendish

4. Proses Perawatan Pisang Cevendish

Untuk menghadang serangan hama, ada beberapa perawatan yang harus anda lakukan dengan benar dan dilakukan secara rutin. Berikut ini tips perawatan untuk pohon pisang cavendish :

Perampalan

Proses ini dilakukan agar saluran air bisa terjaga dengan baik serta kebun masih tetap dalam keadaan bersih. Cara perampalan yaitu memotong atau menyingkirkan pelapah pisang yang kering.

Penyiraman

Proses penyiraman penting dilakukan agar persediaan air disekitar batang pisang cavendish tetap terjaga dengan baik. Anda dapat melakukan penyiraman menggunakan mesin pompa air atau menggunakan alat apapun yang dapat digunakan untuk menyiram.

Penyiangan

Proses selanjutnya adalah penyiangan, penyiangan dilakukan dengan cara menyingkirkan rumput liar ataupun gulma yang ada disekitar area tanam pisang cavendish. Hal tersebut dilakukan agar rumput liar tidak menjadi saingan dari pohon pisang untuk mendapatkan unsur hara dari tanah.

Penjarangan

Proses ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan pohon pisang sehingga nantinya setiap pohon pisang bisa menghasilkan buah yang besar dan memiliki kualitas yang baik. Proses penjarangan dilakukan saat ada anakan pohon pisang yang tumbuh disekitar pohon dengan usia 4 sampai 6 bulan.

Pemotongan Jantung Pisang

Dengan dilakukannya pemotongan jantung bisa diklaim mampu meningkatkan produksi buah mencapai 2-5% serta harus dilakukan setelah bunga terakhir pada jantung mekar. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan buah yang lamban dan kecil.

Pembungkusan

Agar kualitas buah pisang cavendish meningkat, jangan lupa buang buah pisang yang tidak tumbuh sempurna, biasanya pada 1-2 sisi terakhir atau terbawah. Tandah atau pembungkus menggunakan kantong plastik dengan ukuran 1 m x 45 centimeter.

5. Proses Pemupukan

5. Proses Pemupukan

Apabila anda menginginkan pohon pisang cavendish bisa berbuah besar, pemupukan menjadi kunci yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar. Pada proses pemupukan bisa menggunakan pupuk organik atau anorganik. Pemupukan juga bisa dilakukan sebanyak 2 kali selama masa tanam berlangsung.

Satu bulan setelah pohon pisang ditanam, jangan lupa memberikan pupuk pada pohon dengan dosis campuran yaitu 250 gram Za, 100 gram DS, serta 150 gram ZK per tanaman. Berilah pupuk secara rutin dengan rentang waktu 3 bulan sekali.

6. Proses Panen

6. Proses Panen

Biasanya pisang cavendish bisa di panen setelah berumur 12 sampai 13 bulan. Pada umumnya saat musim kemarau buah pisang sudah bisa di panen 80 hari sejak keluarnya jantung pisang tersebut. Sedangkan saat musim penghujan biasanya 120 hari sejak keluarnya jantung pisang cavendish.

Itulah tadi informasi tentang cara menanam pisang cavendish yang sudah ilmupot.com berikan diatas secara lengkap mulai dari pemilihan bibit sampai dengan proses panen. Apabila anda melakukan setiap proses dengan benar, maka bisa menghasilkan pisang cavendish yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?