Beranda Tanaman Dapur Cara Menanam Selada di Polybag

Cara Menanam Selada di Polybag

Untuk proses menanam selada di polybag umumnya hampir sama dengan menanam daun mint dalam pot. Hanya saja terdapat perbedaan dari cara pemilihan bibit, media tanam dan penyemaian.

Meski begitu, selada termasuk kedalam tanaman sayuran yang cukup mudah untuk dibudidaya. Selada tidak harus ditanam pada lahan yang luas, cukup menggunakan media pot atau polybag saja selada bisa tumbuh.

Tidak hanya itu saja, media tanam yang digunakan tidaklah sulit, anda hanya perlu mencampur tanah gembur, pupuk kandang/organik dan sekam bakar. Maka sudah bisa digunakan untuk menanam selada.

Selain memperhatikan media tanam, anda juga perlu untuk melakukan perawatan mulai dari penyiraman, mencabut tanaman liar, sistem drainase. Hal tersebut bertujuan agar selada bisa tumbuh dengan baik dan subur.

Cara Menanam Selada di Polybag Dijamin Berhasil

Cara Menanam Selada di Polybag Dijamin Berhasil

Bagi anda yang ingin menanam selada di rumah, bisa mengikuti cara menanam selada di pot yang akan kami bahas langkah-langkahnya secara lengkap berikut ini.

Langkah-langkah Menanam Selada di Polybag

1. Pemilihan Bibit Selada

1. Pemilihan Bibit Selada

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah pemilihan bibit selada. Pilih bibit selada yang baik secara fisik,pilih jenis selada yang anda inginkan karena setiap selada memiliki keunggulan masing-masing. Anda bisa mendapatkan bibit selada di toko pertanian, atau dari petani lokal yang membudidayakan tanaman selada.

2. Persiapan Media Tanam

2. Persiapan Media Tanam

Setelah mendapatkan bibit terbaik, langkah berikutnya adalah persiapan media tanam agar nantinya selada bisa tumbuh dengan baik dan subur. Silahkan campurkan media tanam tanah gembur, pupuk kandang, sekam padi, pot ataupun polybag.

Campur semua media tanam aduk sampai merata, jika sudah tercampur merata bisa langsung di masukkan kedalam polybag namun jangan sampai penuh.

3. Penyemaian Bibit Selada

3. Penyemaian Bibit Selada

Sebelum dilakukan proses penanaman, baiknya anda melakukan penyemaian pada bibit selada. Pertama anda dapat mencampurkan tanah, sekam padi, dan juga pupuk kandang menjadi satu dengan perbandingan ukuran tanahnya lebih banyak

Kemudian taruh semua media tanam di polybag, buatlah lubang sedalam 2 cm dan masukkan benih selada kedalamnya. Jika bibit mulai tumbuh dalam beberapa hari, biarkan sekitar 2 mingu dan tunggu sampai muncul 2-3 lembar daun.

4. Penanaman Selada

4. Penanaman Selada

Jika sudah muncul 2-3 helai daun, anda bisa langsung memindahkan bibit selada kedalam polybag. Pindahakan secara hati-hati karena ukuran benih masih kecil, anda bisa menggunakan pinset untuk memindahkannya. Tanam benih selada ke polybag.

5. Proses Perawatan Selada

5. Proses Perawatan Selada

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah perawatan pada tanaman selada. Anda perlu melakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari karena selada membutuhkan pasokan air yang cukup. Namun, ketika musim hujan turun, anda dapat mengurangi frekuensi penyiraman dan tetap menjaga kelembapan tanah.

Selain itu, jika ada tanaman liar yang tumbuh disekitar selada, cabut dan bersihkan agar selada terhindar dari hama dan penyakit yang diakibatkan dari tanaman liar tersebut. Karena jika tanaman liar dibiarkan bisa menyerap nutrisi yang seharusnya untuk selada dan dapat membuat tanaman selada mati.

6. Proses Panen

6. Proses Panen

Prose panen menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi siapa saja yang menanam sayur atau buah-buahan. Untuk proses panen bisa dilakukan ketika tanaman selada menginjak usia 2 bulan. Apabila anda ingin melakukan pemanenan secara permanen caranya bisa langsung di cabut hingga akarnya atau bisa juga dengan cara mengguntingnya.

Nah itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara menanam selada di pot yang telah ilmupot.com bagikan untuk anda. Meski selada terbilang tanaman sayur yang cukup mudah tumbuh, anda harus selalu memperhatikan semua proses penanaman hingga panen agar menghasilkan selada dengan kualitas terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...