Beranda Tanaman Hias Cara Menanam Serut Agar Tidak Mati

Cara Menanam Serut Agar Tidak Mati

Untuk tanaman bonsai yang memiliki keunikan tersendiri dan cara menanam serut agar tidak mati juga membutuhkan perhatian lebih. Maka tidak heran jika bonsai serut memiliki nilai jual yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, dibutuhkan media tanam bonsai yang baik, ada beberapa jenis media tanam yang bagus untuk hasil bonsai serut maksimal. Usahakan pilih sesuai jenis bonsai yang akan anda tanam.

Terdapat beberapa jenis bonsai yang cukup terkenal seperti bonsai kelapa, bonsai beringin, bonsai pinus, bonsai serut dan lain sebagainya. Mengandalkan ketelitian bisa menghasilkan bentuk yang indah dan bernilai seni.

Membentuk bonsai serut dibutuhkan ketelitian mulai dari penanaman, pembentukan menggunakan kawat stainless steel sampai perawatannya. Sehingga nantinya dapat menghasilkan bentuk bonsai yang unik.

Cara Menanam Serut Agar Tidak Mati & Cepat Tumbuh

Cara Menanam Serut Agar Tidak Mati Cepat Tumbuh

Bagi anda yang ingin menanam bonsai serut, bisa mengikuti langkah-langkah menanam serut agat tidak mati dan cepat tumbuh berikut ini. Jangan lupa catat poin-poin pentingnya.

Penyebab Tanaman Serut Mati atau Mengering

Penyebab Tanaman Serut Mati atau Mengering

1. Mendapatkan Cahaya Matahari Terlalu Tinggi

Ketika serut baru dipindah tanamkan, maka secara otomatis akan melakukan proses adaptasi ulang. Usahakan jangan meletakkan bonsai serut di area yang terkena sinar matahari terik karena hal tersebut bisa membuat batang mengering dan serut mati.

2. Media Tanam Kurang Tepat

Faktor lain yang menjadi pemicu matinya tanaman bonsai serut adalah pemilihan media tanam yang kurang tepat. Sehingga hal tersebut menyebabkan pertumbuhan serut tidak bisa maksimal. Maka dari itu, penting bagi anda memilih media tanam yang cocok digunakan untuk tanaman serut.

3. Tempat Menanam Buruk

Untuk penggunaan tempat tanam serut, perhatikan jika menggunakan ban bekas atau kaleng untuk potnya. Ban bekas ataupun kaleng dapat menyerap sinar matahari berlebihan. Bahkan biasanya ketika disiram, air siraman tersebut dapat mendidih dan tentunya berakibat fatal pada tanaman serut.

3. Akar yang Baru Patah/Rusak

Ketika bonsai serut anda mulai tumbuh namun tiba-tiba mati bisa jadi karena tidak sengaja tersenggol atau tergerak batangnya, sehingga membuat akar baru yang tumbuh menjadi rusak.

Langkah-langkah Menanam Serut

1. Pilih & Siapkan Bakalan

1. Pilih Siapkan Bakalan

Pertama anda harus memilih bajalan atau bonggol bonsai yang tepat. Anda dapat mencari bakalan bonsai di toko tanaman hias atau bisa juga langsung membeli di supplier bonsai dengan kualitas yang bagus

Kemudian pangkas daun pada bonggol menggunakan gunting tanam lalu rapikan akar-akar yang tidak diperlukan. Cuci akar dengan air bersih lalu olesi menggunakan obat atau pupuk perangsang pertumbuhan

2. Pemilihan Media Tanam yang Cocok

2. Pemilihan Media Tanam yang Cocok

Seperti yang harus diketahui tanaman bonsai yang sehat bisa tumbuh dengan media tanam yang sesuai. Perlu diingat bahwa tanaman bonsai bukan tanaman hias konvesional yang dapat ditanam menggunakan media tanam apa saja.

Tanaman yang satu ini membutuhkan lebih banyak perawatan dan cara agar tumbuh sehat. Pilihlah media tanam yang tepat untuk bisa memelihara bonsai yaitu tanah gunung. Tanah gunung merupakan jens tanah yang telah dicampur dengan humus dan juga pupuk organik seperti kotoran kambing dan sapi. Selain tanah gunung, anda dapat menggunakan media tanam sabut kelapa

3. Lakukan Proses Adapatasi

3. Lakukan Proses Adapatasi

Jika media tanam sudah siap, segera tanam bonggol serut layaknya seperti tanaman hias pada umumnya. Untuk memaksimalkan pertumbuhan, berilah bonggol serut sedikit waktu untuk mulai beradaptasi dengan ukuran pot dan juga media tanam yang digunakan.

Setelah tanaman serut terlihat sehat dalam beberapa waktu, silahkan bentuk bonsai serut menggunakan kawat stainless steel. Perhatikan juga pertumbuhan akar serut agar tidak mudah mati. Jika akarnya sudah tumbuh perlahan, tandanya serut telah dewasa dan anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya

4. Proses Pembentukan Serut

4. Proses Pembentukan Serut

Langkah berikutnya adalah melakukan pembentukan pada tanaman serut sesuai dengan pilihan anda. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan yaitu kawat stainless steel berdiameter 3 mm dan gunting kawat.

Kemudian lilitkan kawat di batang bonsai serut sesuai keinginan dan bentuk, usahakan membentuknya dengan cara yang lembut agar serut tidak mudah patah. Apabila proses membentuk telah selesai, biarkan serut tumbuh, kawat yang digunakan untuk membentuk serut boleh dilepas ketika tanaman serut telah tumbuh besar dan juga mengikuti bentuknya.

5. Proses Perawatan

5. Proses Perawatan

Setelah semua langkah-langkah di lakukan, untuk memelihara agar tanaman serut bisa tumbuh dengan baik dan sehat, perlu dilakukan perawatan mulai dari penyiraman yang rutin, memberikan tanaman serut pupuk, meletakkan serut pada tempat yang tepat, dan jangan lupa lakukan pemangkasan serta perlindungan tanaman serut dari hama agar tidak mudah mati.

Tips Agar Tanaman Serut Tidak Mati

Tips Agar Tanaman Serut Tidak Mati

1. Kondisikan Posisi Tanaman Serut

Posisi tanaman menjadi salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan dan juga mati atau tidaknya bakal bonsai serut. Pilih tempat yang rindang dan sedikit lembab namun tetap bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Jangan sampai serut terkena sinar matahari berlebihan karena menyebabkan tanaman mengering dan mati.

2. Potong Lebih

Untuk mencegah serut mati, anda bisa siasati dengan cara potong lebih ketika memotong jangan terlalu press, lebihkan sedikit dari ukuran yang sebenarnya untuk cadangan. Sehingga nantinya tidak terjadi pengeringan pada ujung batang dan bisa langsung dipotong.

3. Pembungkusan Pada Batang Serut

Apabila bahan bonsai serut yang anda dapatkan minim, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membungkus bagian ujung-ujung batang menggunakan plastik. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi tingkat penguapan serta kekeringan di ujung batang.

Sekian informasi yang dapat ilmupot.com sampaikan mengenai cara menanam serut agar tidak mati lengkap dengan penyebab, dan tipsnya. Jangan lupa berikan perawatan yang baik agar serut bisa tumbuh subur dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.