Beranda Tanaman Buah Cara Menanam Stroberi di Pot

Cara Menanam Stroberi di Pot

Stroberi merupakan tanaman buah yang cukup mudah di tanam. Bahkan anda bisa menanam stroberi di pot dan orang menganggapnya lebih praktis karena tidak membutuhkan lahan luas.

Meski begitu, anda harus memperhatikan stroberi mulai dari pemilihan benih, penyemaian, sampai dengan proses perawatan. Sehingga nantinya bisa menghasilkan stroberi di pot yang bagus dan berkualitas.

Media tanam stroberi tidaklah sulit, cukup siapkan pasir dan pupuk kompos kemudian campur merata. Setelah itu, bisa masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, selain mudah ditanam, stroberi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mencegah tubuh dari penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Stroberi di Pot Paling Mudah Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Stroberi di Pot Paling Mudah Agar Cepat Berbuah

Untuk bisa menanam stroberi di pot, anda perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari pemilihan bibit sampai dengan proses perawatannya. Maka dari itu, kami akan membahas secara lengkap pada artikel berikut ini.

Langkah-langkah Menanam Stroberi di Pot

Pemilihan Bibit & Penyemaian

Pemilihan Bibit Penyemaian

Pertama, anda harus memilih bibit stroberi dengan baik dan berkualitas, bibit stronberi bisa di peroleh dengan cara generatif dan vegetatif.

Untuk bibit generatif yaitu menggunakan bibit stroberi yang bisa anda beli langsung di toko pertanian. Kemudian benih disemai sampai menumbuhkan beberapa helai daun. Selanjutnya, benih bisa dipindahkan ke pot atau polybag

Sedangkan untuk vegetatif harus dilakukan anakan serta membelah stolon. Perlu diketahui stolon adalah perpanjangan tunas tumbuh horisontal. Anakan sendiri rumpun dari tanaman induk stroberi yang dipisahkan. Nah, anakan stolon inilah yang bisa dipindahkan ke media tanam baru.

Proses Persiapan Media Tanam Stroberi di Pot

Proses Persiapan Media Tanam Stroberi di Pot

Setelah mendapatkan bibit stroberi, langkah selanjutnya yaitu persiapan media tanam stroberi, siapkan beberapa alat seperti :

  • Kompos
  • Pasir
  • Centong tanah
  • Pot ukuran sedang ataupun besar

Campur pupuk kompos dan pasir sampai merata, kemudian masukkan kedalam pot berukuran sedang atau besar dan buat lubang tanam untuk selanjutnya dilakukan proses penananam stroberi.

Tahap Menanam Stroberi di Pot

Tahap Menanam Stroberi di Pot

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah memindahkan stroberi dari wadah semai ke pot atau polybag dengan cara berikut ini :

  1. Ketika bibit stroberi yang disemai telah siap
  2. Silahkan pindah bibit stroberi ke media tanam
  3. Selanjutnya, cabut benih secara hati-hati atau bisa menggunakan pinset karena ukuran bibit masih kecil
  4. Kemudian masukkan ke dalam lubang media tanam
  5. Perlu diperhatikan, anda cukup mengisi 2 benih saja pada satu potnya
  6. Ketika pemindahan, jangan sampai akar stroberi rusak
  7. Untuk proses penanaman baik yaitu pagi hari agar benih tidak mudah layu.
  8. Di bagian atas tutupi menggunakan abu sekam agar buah stroberi nantinya tidak mudah busuk
  9. Jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pagi atau sore hari.

Perawatan Tanaman Stroberi di Pot

Perawatan Tanaman Stroberi di Pot

Jika proses menanam sudah dilakukan, jangan lupa untuk memberikan perawatan pada stroberi. Karena stroberi tidak bisa tumbuh begitu saja tanpa adanya perawatan. Anda bisa mengikuti proses perawatan yang akan kami sampaikan.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara intensif pada stoberi. Hal tersebut penting dilakukan agar menjaga kelembapan media tanam stoberi dan pastikan jangan sampai kering. Cara menyiramnya gunakan air bersih dan teknik kocor atau bisa semprot saja seperti menyiram pada umumnya.

Penyulaman

Penyulaman bisa dilakukan apabila stoberi mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh bahkan stoberi mati. Silahkan tukar stroberi mati dengan bibit baru pada media tanam sama. Untuk proses penyulaman penting dilakukan karena bisa mengidentifikasi masalah pada stroberi.

Pengendalian Hama & Penyakit

Hama dan penyakit bisa saja menyerang stroberi dan membuatnya mati atau tidak tumbuh maksimal. Untuk mencegah terjadinya serangan hama, anda dapat menyemprotkan pestisida khusus stroberi.

Proses Pemupukan

Setelah stoberi memasuki usia 2 bulan, silahkan lakukan pemupukan agar mempertahankan kemampuan tumbuh stroberi. Gunakan pupuk organik atau anorganik khusus dengan takaran atau dosis sesuai usianya.

Proses Panen

Proses Panen

Setelah menanam stoberi dan perawatannya dilakukan, anda tinggal menunggu masa panen. Pada umumnya, stroberi bisa dipanen setelah 2 bulan, berikut ini ciri-ciri stroberi siap panen :

  • Kulit buah berwarna merah mudah atau merah tua dengan tangkainya berwarna sedikit coklat kekuningan
  • Rasa stroberi sedikit asam apabila digigit
  • Daging buah stoberi terasa kenyal dan empuk ketika di pegang

Tips Agar Stroberi di Pot Berbuah Lebat

Tips Agar Stroberi di Pot Berbuah Lebat

Selain beberapa cara diatas untuk perawatan stroberi, anda juga perlu menambahkan proses pendaringan dan penyiangan karena proses tambahan inilah dibutuhkan agar stroberi cepat berbuah.

Proses pendaringan dilakukan dengan tujuan menggemburkan tanah. Sedangkan penyiangan berfungsi agar stroberi terhindar dari hama dan penyakit. Silahkan cabut rumput-rumput liar tumbuh disekitar tanaman stroberi.

Itulah bagaimana cara menanam stroberi di pot dari ilumpot.com yang dapat anda lakukan di pekarangan rumah. Selain bisa berbuah lebat, menanam stoberi di pot terbilang praktis karena tidak membutuhkan lahan luas.

Berita sebelumyaCara Menanam Tomat Hidroponik
Berita berikutnyaCara Menanam Vanili

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?