Beranda Tanaman Buah 6 Cara Menanam Tomat di Pot Termudah di Rumah

6 Cara Menanam Tomat di Pot Termudah di Rumah

Cara Menanam Tomat di Pot – Memanfaatkan lahan di belakang rumah atau halaman depan dengan berbagai tanaman seperti sayuran memang sangat menguntungkan. Mungkin anda bisa mencoba menanam tomat. Tahukah anda, tomat ternyata mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu vitamin K.

Vitamin K pada tomat sendiri sangat bagus untuk kesehatan tulang dan kalium sebagai nutrisi penting untuk fungsi jantung, kontraksi otot, menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak.

Karena manfaatnya yang begitu banyak, maka tak heran bila buah ini banyak orang yang menanamnya sendiri. Keuntungan dari menanam tomat sendiri yaitu lebih menghemat biaya dan pastinya lebih higenis. Lantas bagaimana cara menanam tomat di pot.

Cara menanam tomat di pot sendiri sebenarnya hampir sama dengan cara menanam anggrek di pot, dimana membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam perawatannya. Untuk lebih jelasnya mengenai hal itu, ada baiknya anda menyimak ulasan berikut ini.

Cara Menanam Tomat di Pot Termudah di Rumah

Cara Menanam Tomat di Pot Termudah di Rumah

Berikut ini Ilmupot akan membagikan ilmu tentang cara menanam dan merawat tomat paling mudah di rumah. Dari pada harus membeli tomat sebaiknya jika anda hanya tinggal memetik saja di halaman rumah. Pastinya hal tersebut sangat memudahkan. Maka dari itu menanam tomat di pot menjadi solusi yang sangat tepat. Penasaran dengan caranya, berikut cara-caranya

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum lanjut ke cara menanam tomat, terlebih dahulu anda menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan untuk menanam tomat cukup mudah di dapat, karena hanya memerlukan alat dan bahan yang tersedia di toko-toko pertanian. Berikut alat dan bahan yang diperlukan.

  • Pot Tanaman
  • Tanah yang Subur
  • Pupuk Tanaman
  • Bibit Tomat

Cara Menanam Tomat di Pot

Cara Menanam Tomat di Pot

Setelah semua alat dan bahan telah siap, maka anda bisa langsung melakukan penanaman. Agar hasilnya maksimal maka anda harus melakukan setiap lengkap penanamannya dengan benar atau bisa ikuti cara di bawah ini.

1. Memilih Bibit Tomat

Cara yang pertama yaitu memilih bibit tomat yang baik. Bibit tomat yang baik ditandai dengan bibit yang tidak terserang oleh hama. Namun, agar tidak bingung anda bisa membeli bibit unggulan pada petani. Pilihlah bibit yang daunnya berwarna hijau segar tanpa cacat. Namun, bila ingin menghemat biaya ada bisa pilih buah tomat yang benar-benar matang.

2. Penyemaian

Bibit tomat atau biji tomat selanjutnya disemai terlebih dahulu di kota penyemainan. Media penyemaian yaitu berupa campuran tanah dan pupuk kendang dengan perbandingan kurang lebih 1:1. Bibit ditanamkan kedalam media penyemaian. Kemudian pindahkan bibit kedalam pot setelah bibit berumur kurang lebih 1 bulan jika sudah memiliki 5 helai daun.

3. Penyiapan Media Tanam Pot

Pot yang digunakan pastikan memiliki lubang di bagian bawah agar aliran air mudah meresap. Selanjutnya isi pot dengan tanah yang di campur dengan pupuk kandang dengan perbandingan kurang lebih sama dengan penyemaian yakni 1:1.

4. Penanaman Tomat di Pot

Setelah berumur kurang lebih sekitar 1 bulan, pindahkan bibit tomat pada pot yang sudah disiapkan sebelumnya. Pindahkan bibit tomat dengan benar tanpa merusak akar. Masukan campuran tanah dan pupuk tersebut hingga akar tertutup. Anda juga bisa mencampurkan pasir kedalam campuran tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1.

5. Perawatan Tomat

Setelah selesai di taman, jangan lupa untuk menyiram tomat setiap hari. Selalu periksa pot, apakah ada tanaman lainnya yang mengganggu pertumbuhan tomat. Jika ada segera cabut tanaman tersebut. Selain itu jangan lupa untuk rutin memberikan pupuk kendang agar pertumbuhan tomat lebih baik. Apabila tanaman tomat sudah tumbuh besar, jangan lupa untuk menancapkan bambu untuk menyangga pohon tomat agar tidak patah.

6. Tomat Siap di Panen

Setelah tomat berumur 60 hingga 90 hari, tanaman tomat biasanya sudah bisa di panen. Anda bisa memanen tomat yang matang di halaman rumah anda. Setelah itu anda pun dapat mengonsumsi vitamin di dalam buah tomat hasil menanam sendiri.

Itulah beberapa cara menanam tomat yang dapat ilmupot sampaikan. Siapkan semua alat dan bahan seperti yang kami sajikan di atas serta ikuti setiap cara dengan benar maka tanaman tomat akan berbuah banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...