Beranda Tanaman Dapur Cara Menanam Vanili

Cara Menanam Vanili

Budidaya vanili dapat dilakukan pada lahan sempit sekalipun atau bisa juga di budidayakan pada pot dan polybag. Untuk menanam vanili terbilang mudah dan tidak membutuhkan proses lama.

Vanili biasa digunakan untuk bahan parfum dan juga menjadi salah satu rempah yang bisa membuat aroma makanan harum. Tidak heran jika banyak orang yang berminat untuk menanam vanili.

Tidak hanya vanili yang bisa dibudidayakan dalam polybag atau pot. Tanaman rempah lainnya seperti sereh juga bisa ditanam pada media polybag. Cara menanam sereh cukup sederhana dan bisa tumbuh subur jika dilakukan perawatan.

Kembali pada tanaman vanili, ketika anda berminat untuk budidaya vanili, maka perlu mempersiapkan mulai dari pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen yang baik dan benar. Maka dari itu, silahkan simak ulasan lengkap cara menanam vanili berikut ini.

Syarat Tumbuh Vanili

Syarat Tumbuh Vanili

Vanili cocok tumbuh di wilayah yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Ketinggian tempat berpengaruh pada proses pertumbuhan vanili, baiknya berada di antara 400-700 m dengan temperatur 22-25 derajat celcius per tahun. Pohon vanili membutuhkan waktu 2 bulan untuk proses pemasakan buah serta meningkatkan kualitasnya.

Tanah yang cocok untuk pohon vanili yaitu tanah humus dan memiliki struktur baik, drainase, dan irigasi baik. Kadar pH tanah untuk pohon vanili antara 6 sampai 7.

Langkah-langkah Menanam Vanili di Polybag

Proses Pembibitan Vanili

Proses Pembibitan Vanili

Proses pembibitan bisa didapatkan dari biji buah vanili atau membeli di toko pertanian. Jika anda langsung membeli bibit, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama bersihkan bibit vanili menggunakan kain atau tisu
  • Selanjutnya rendam di dalam air kurang lebih 15 menit
  • Kemudian angkat bibit yang telah direndam, bersihkan kembali menggunakan kain kering
  • Di bagian ujung bibit (stek), rendam lagi sampai satu minggu
  • Apabila di bagian ujung terdapat tunas daun tumbuh, maka bibit vanili tersebut mempunyai kualitas baik

Proses Penanaman Vanili

Proses Penanaman Vanili

Setelah mendapatkan bibit vanili berkualitas, langkah berikutnya adalah proses penanaman :

  1. Untuk media pot atau polybag, sebaiknya anda siapkan pot berukuran besar karena pohon vanili bisa tumbuh mencapai 4 meter
  2. Kemudian siapkan tanah subur, pupuk kandang, dan sekam menggunakan perbandingan 2:1:1 campur sampai merata
  3. Langkah berikutnya yaitu menanam bibit stek ke dalam pot dengan cara menancapkannya
  4. Tambahkan tiang penyangga untuk mengkokohkan pogon di awal pertumbuhannya

Apabila anda memilih menanam vanili di lahan luas atau pekarangan rumah, pastikan menanam di tanah gembur, jika tanah kurang gembur bisa menambahkan pupuk sebelum ditanam.

Pemeliharaan Vanili Setelah di Tanam

Pemeliharaan Vanili Setelah di Tanam

Penyiraman

Lakukan penyiraman sesuai dengan kondisi tanah, pastikan anda tidak menyiram terlalu basah karena vanili tidak tahan dengan adanya genangan air maka dari itu, apabila vanili ditanam pada lahan, buatlah parit-parit agar nantinya air bisa mengalir secara baik.

Pemangkasan

Tidak hanya penyiraman, anda juga perlu melakukan pemangkasan. Terdapat tiga jenis pemangkasan ketika budidaya vanili.

Pertama pemangkasan bentuk, cara memangkas cukup mudah yaitu memotong 15 cm bagian ujung, sisakan 3 cabang baiknya saja. Kedua yaitu pemangkasan produksi, ketika vanili berusia 24-36 bulan, pemangkasan dilakukan dengan cara memotong 2-3 pucuk sekitar 2 bulan sebelum masa berbunga vanili. Ketiga anda bisa melakukan pemangkasan peremajaan apabila sudah dilakukan panen guna merangsang tunas baru.

Pemupukan

Pohon vanili perlu dilakukan pemupukan organik saat awal musim penghujan. Namun, untuk pupuk daun, bisa berikan 1-2 minggu sekali dengan dosis sesuai pohonnya. Untuk pemupukan melalui tanah biasanya dilakukan awal dan akhir musim hujan.

Proses Panen Vanili

Proses Panen Vanili

Perlu diketahui bahawa untuk bisa memanen buah vanili yaitu saat usia 2 sampai 3 tahun. Ciri-ciri vanili siap panen yaitu buahnya berwarna hijau dan pucuk berwarna kuning. Lakukan proses panen penuh selama 2-3 bulan setiap tahunnya.

Itulah langkah mudah menanam vanili di polybag dari ilmupot.com. Dengan mengikuti cara menanam dengan benar, maka bisa menghasilkan panen vanili tidak hanya melimpah namun memiliki kualitas baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?