Beranda Tanaman Buah Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung Bernilai Ekonomis

Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung Bernilai Ekonomis

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai membudidayakan tanaman porang, beberapa cara mengolah tanaman porang bisa dilakukan salah satunya yaitu diolah menjadi tepung.

Tepung porang inilah yang nantinya bisa digunakan untuk bahan makanan seperti kue putu, bahan dasar pembuatan jelly, konyaku, mie shirataki dan lain sebagainya.

Tepung yang berasal dari umbi porang terkenal memiliki kadar gula yang rendah dan berniali ekonomis karena beberapa pabrik pengolahan porang di ekspor ke luar negeri.

Sebelum dicampurkan ke bahan makanan, tentu saja umbi porang harus melalui beberapa tahapan pembuatan tepung mulai dari pemilihan umbi porang sampai dengan proses pengemasan.

Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung dan Bahan Dasar Makanan

Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung dan Bahan Dasar Makanan

Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini tentang bagaimana cara mengolah tanaman porang baik untuk makanan ataupun tepung.

Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung

Cara Mengolah Porang Menjadi Tepung

1. Proses Pencucian Umbi Porang

Pertama lakukan pencucian pada umbi porang yang sudah dipanen. Selanjutnya pencucian bisa dilakukan dengan cara manual menggunakan tangan atau bisa juga pencucian otomatis menggunakan mesin khusus umbi porang. Proses ini sangat penting untuk menghilangkan tanah yang menempel pada umbi.

2. Proses Penyortiran Umbi Porang

Jika umbi porang sudah dicuci bersih selanjutnya lakukan penyortiran dengan cara pilah umbi porang dan pastikan tidak ada yang busuk untuk diolah ke tahap selanjutnya. Karena umbi porang yang busuk tidak bisa diproses menjadi tepung.

Proses selanjutnya adalah pemotongan umbi porang menjadi irisan tipis. Untuk industri pabrik biasanya menggunakan mesin khusus sedangkan pada industri rumahan pemotongan umbi porang dilakukan manual.

3. Proses Pengeringan Irisan Porang

Proses berikutnya adalah menjemur porang yang sudah di iris tipis sampai benar-benar kering. Jika umbi porang sudah kering sempurna bisa dilihat dari tekstur irisan porang yang garing dan renyah jika dipatahkan.lamanya waktu penjemuran ditentukan oleh cuaca panas matahari tentunya jika musim terang proses penjemuran lebih cepat dibanding dengan musim hujan.

4. Proses Penggilingan Irisan Porang

Apabila irisan porang sudah kering, lanjut ke langkah berikutnya yaitu penggilingan menjadi tepung, proses ini dilakukan menggunakan mesin khusus agar bisa menghasilkan tepung yang halus dan merata.

5. Proses Pengayakan Tepung Porang

Tepung porang yang sudah digiling lanjut memasuki proses pengayakan untuk bisa memisahkan bagian tepung murni dengan jarum-jarum, partikel amilium dan partikel lainnya yang melapisi manan tersebut.

6. Proses Pengemasan Tepung Porang

Jika semua proses diatas sudah dilakukan, tahap terakhir adalah pengemasan tepung porang menggunakan bungkus plastik sesuai dengan ukuran pesanan atau sesuai ukuran yang anda inginkan. Biasanya tepung porang dikemas dalam ukuran 250 gram, 1000 gram atau dalam satuan lebih besar.

Manfaat Mengolah Umbi Porang

Manfaat Mengolah Umbi Porang

1. Mampu Memaksimalkan Hasil Bumi

Anda dapat memaksimalkan hasil bumi umbi porang untuk diolah serta dinikmati oleh masyarakat. Budidaya porang memang sedang naik daun saat ini sehingga bisa memberikan keuntungan untuk semua pihak.

2. Mampu Meningkatkan Kesehatan

Tepung porang memiliki kadar gula yang rendah tentunya akan membuat anda bisa menikmati hasil olahan umbi porang tanpa harus kawatir kadar gula dalm darah akan meningkat. Dengan begitu anda tetap bisa makan nikmat dan sehat.

3. Mampu Meningkatkan Nilai Ekonomi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tepung yang berasal dari umbi porang di bandrol dengan harga yang cukup tinggi diluar negeri. Sehingga dengan melakukan budidaya tanaman porang tentu bisa menguntungkan anda.

FAQ

Apakah Tepung Porang Bisa Digunakan Untuk Bahan Pembuatan Makanan?

Beberapa makanan memang bisa dibuat dari tepung porang karena memiliki kadar gula rendah sehingga olah makanan jauh lebih sehat. Biasanya digunakan untuk pembuatan mie shirataki.

Demikian informasi terkait cara mengolah porang agar menajdi tepung bernilai ekonomi yang cukup tinggi dari ilmupot.com. Bagi anda yang tertarik untuk MENANAM PORANG DARI KATAK dilahan terbuka baiknya mengetahui dari awal proses agar menghasilkan umbi porang terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...