Beranda Uncategorized 8 Cara Merawat Tanaman Yang Benar Agar Tidak Mudah Layu

8 Cara Merawat Tanaman Yang Benar Agar Tidak Mudah Layu

Tanaman dengan tampilan menarik dan sehat tentu bisa menjadi penghias baik didalam ruangan atau luar ruangan. Hal yang harus diperhatikan adalah cara merawat tanaman yang benar.

Pada umumnya perawatan dan pemeliharaan tanaman bisa dilakukan dengan mudah sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Bagi anda yang senang berkebun, aktivitas seperti membeli benih, menanam, sampai dengan merawat menjadi kepuasan tersendiri apalagi jika hasil tanaman tumbuh subur.

Beberapa proses merawat tanaman sangat penting diperhatikan mulai dari penyiraman, pencegahan hama dan penyakit, pemilihan pupuk sampai dengan menjaga kebersihan tanaman.

Cara Merawat Tanaman Yang Benar dan Trik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Cara Merawat Tanaman Yang Benar dan Trik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Untuk semakin meyakinkan anda bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar, baiknya silahkan simak ulasan dibawah ini yang akan memahas secara lengkap tahapan untuk merawat tanaman di bawah ini.

Cara Merawat Tanaman Yang Benar

Cara Merawat Tanaman Yang Benar

1. Lakukan Metode Penyiraman Yang Tepat

Tanaman membutuhkan air agar bisa tumbuh dengan baik, oleh karena itu sebaiknya anda mengetahui kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milik anda. Beberapa metode penyiraman di bawah ini bisa anda ikuti :

  • Siram tanaman saat pagi hari atau malam, sehingga tanaman memiliki suplay air yang cukup agar terhindar dari terik matahari saat siang hari
  • Usahakan siram tanaman secara merata agar tanaman anda bisa tumbuh dengan baik
  • Jangan lupa untuk menyiram tanaman secukupnya, hindari menyiram pada bagian daun terlalu basah karena bisa mengundang penyakit atau hama
  • Pastikan tanaman terhindar dari genangan air karena bisa menutup jalur oksigen dan tanaman menjadi cepat busuk atau rusak.

2. Berikan Tanaman Sinar Matahari Secukupnya

Jika anda sudah melakukan metode penyiraman terhadap tanaman selanjutnya anda bisa memberikan sinar matahari pada tanaman secukupnya. Hal tersebut karena tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Apabila memberikan sinar matahari secara langsung bisa mengakibatkan tanaman terbakar, kering dan juga layu.

3. Kontorl Suhu & Kelembapan Tanaman

Saat anda ingin menaman suatu tanaman usahakan sesuaikan dengan suhu rata-rata di daerah anda. Contohnya jangan sampai memilih tanaman dingin apabila anda tinggal di daerah tropis. Untuk mengetahui kelembapan tanaman anda bisa memberikan sumber air disekitar tanaman dan juga menggunakan alat bantu seperti humidifer.

4. Pencegahan Hama & Penyakit

Ada beberapa cara yang efektif untuk mencegah hama dan penyakit pada tanaman, anda bisa mengikuti cara di bawah ini :

  • Lakukan rotasi tanaman secara rutin
  • Usahakan selalu menjaga kualitas tanah dan memberi nutrisi antara lain pupuk kompos alami secara rutin atau memberikan pupuk kotoran hewan.
  • Pangkas rumput liar yang ada di sekitar tanaman anda
  • Optimalkan kondisi dan juga lokasi tanaman.

5. Potong Tanaman Yang Kering Ataupun Mati

Jika tanaman anda sudah ada bagian yang terlanjur terkena penyakit atau sudah mengering, langsung saja segera potong bagian tersebut dan pangkas bagian tanaman yang telah kering. Hal tersebut bertujuan agar penyakit tidak menyebar luas dan merusak tanaman. Penting untuk selalu memperhatikan apakah ada bagian tanaman yang layu, kering, atau mati.

6. Hindari Penggunaan Pupuk Kimia

Pada umumnya perawatan tanaman lebih mengutamakan dengan pupuk alami ataupun perawatan yang bersifat organik dan terbebas dari bahan-bahan kimia. Memang sudah banyak ahli kebun yang lebih menyarankan cara merawat tanaman menggunakan pupuk kompos, kotoran hewan, pupuk daur ulang sampai campuran nutrisi makro.

7. Pembiran Nutrisi Vital Untuk Tanaman

Ada 6 nutrisi penting yang harus anda perhatikan dalam proses merawat tanaman antara lain fosfor, nitrogen, magnesium, sulfur, kalsium, dan potassium. Dari semua nutrisi memiliki manfaat dan fungsi tersendiri untuk menyuburukan tanaman anda.

8. Jaga Kebersihan Disekeliling Tanaman

Agar tanaman tumbuh sehat usahakan selalu merawat tanaman dengan cara menjaga kebersihan disekitar tanaman, pot dan hindari tumpukan sampah terutama sampah kaleng, plastik, dan bahan yang tidak terurai lainnya.

Demikian ulasan yang bisa ilmupot.com sampaikan untuk anda tentang langkah-langkah merawat tanaman yang benar. Salah satu hal yang penting diperhatikan yaitu JENIS PUPUK dan juga fungsinya untuk memaksimalkan perawatan tanaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...