Beranda Tanaman Buah Cara Pembibitan Pisang Cavendish Untuk Hasil Panen Terbaik

Cara Pembibitan Pisang Cavendish Untuk Hasil Panen Terbaik

Memulai budidaya pisang cavendish hal penting yang harus diperhatikan adalah cara pembibitan pisang cavendish sebelum di lakukan proses penanaman.

Pemilihan bibit tanaman pisang sangat berpengaruh pada kualitas, maka dari itu, usahakan memilih bibit pisang dari tunas yang baik.

Pisang cavendish sendiri tidak hanya populer di Indonesia melainkan populer juga di dunia.Pisang Cavendish terkenal memiliki rasa yang manis dan lezat.

Pelung bisnis budidaya pisang cavendish memang menggiurkan karena harga jual pisang yang satu ini cukup tinggi dan berkualitas.

Cara Pembibitan Pisang Cavendish Secara Maksimal

Cara Pembibitan Pisang Cavendish Secara Maksimal

Sebelum melakukan proses budidaya pisang, tentunya anda perlu mengetahui bagaimana cara melakukan pembibitan pisang di bawah ini secara lengkap.

Cara Pembibitan Pisang Cavendish

Cara Pembibitan Pisang Cavendish

Proses Pemilihan Bibit Pisang Cavendish

Agar menghasilkan buah pisang cavendish terbaik, ada baiknya selalu memperhatikan proses pemilihan bibit pisang cavendish. Anda bisa mendapatkan bibit pisang dari tunas pohon pisang cavendish yang sudah tumbuh dengan baik.

Untuk tunas pohong pisang yang baik memiliki tinggi kurang lebih 1 sampai 1,5 meter dan berdiameter batang sekitar 7 sampai 12 cm.

Proses Pembibitan Pisang Cavendish Sebelum Ditanam

Untuk benih pisang cavendish yang berasal dari tunas sebelumnya harus dilakukan pembibitan sebelum ditanam. Hal tersebut dilakukan agar pisang cavendish bisa tumbuh dengan baik.

Tunas bibit juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit tanaman yang bisa menghambat proses pertumbuhan. Proses melakukan pembibitan yaitu dengan cara memberikan tunas insektisida dengan ukuran dosis 0,5% sampai dengan 1%. Lalu biarkan proses pembibitan pisang cavendish selama 1 sampai 3 jam, atau anda bisa menunggu sampai bekas pemotongan tunas.

Mengenal Lebih Jauh Pisang Cavendish

Mengenal Lebih Jauh Pisang Cavendish

Jenis pisang cavendish menjadi salah satu pisang yang mudah ditemukan di Indonesia, permintaan pasar untuk konsumsi pisang cavendish juga semakin meningkat.

Buah ini dapat tumbuh di negara beriklim tropis memang berasal dari Amerika. Terdapat banyak alasan kenapa pisang banyak disarankan untuk dikonsumsi dan baik untuk tubuh. Sehingga membuat tingkat permintaan pasar selalu meningkat. Berikut ini kami jelaskan mengenai ciri fisik dari pisang cavendish :

Tinggi pohon pisang cavendish sekitar 2,5 meter sampai 3 meter. Warna batang dari tanaman ini hijau dan sedikit kehitaman, untuk daunnya sendiri di dominasi warna hijau tua. Setiap tanaman ini berbuah bisa menghasilkan tandan dengan panjang 60 sampai 100 cm, sedangkan beratnya mencapai 15 sampai 30 kilogram. Pada setiap tandan diisi buah pisang mulai dari 8 sampai 13 sisir dan setiap sisirnya terdiri dari 12 sampai 22 buah pisang. Pisang cavendish memiliki warna hijau kekuningan dan saat matang berwarna kuning mulus.

Demikian informasi lengkap tentang cara pembibitan pisang cavendish yang sudah ilmupot.com sampaikan. Proses pemilihan bibit adalah awal dari MENAMAN PISANG CAVENDISH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning...

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak...

20 Cara Membudidayakan Tanaman Pala Agar Berbuah Lebat

Cara membudidayakan tanaman pala memang terbilang cukup membutuhkan kesabaran, mulai dari proses persiapan lahan tanam, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan proses panen.

Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol Besar Dan Berbuah Lebat

Saat anda budidaya tanaman jagung tentu saja menginginkan jagung bertongkol besar dan berbuah lebat sehingga proses dan cara menanam harus dilakukan dengan...