Beranda Pupuk Cara Pemupukan Tanaman Porang Agar Tumbuh Subur

Cara Pemupukan Tanaman Porang Agar Tumbuh Subur

Saat anda mulai budidaya umbi porang hal yang penting dan harus di perhatikan adalah cara pemupukan tanaman porang agar nantinya bisa menghasilkan umbi porang dengan kualitas yang baik.

Pada umumnya setelah melakukan persiapan lahan dilanjutnya dengan pemilihan bibit tanaman porang lalu pemupukan, perawatan agar terbebas dari hama dan gulma.

Seperti kita ketahui berasama bahwa umbi porang memiliki banyak manfaat mulai dari digunakan untuk bahan baku makanan seperti tepung karena memiliki kadar gula yang rendah.

Dengan kadar gula rendah tersebut membuat olahan makanan menjadi lebih sehat. Selain itu, proses awal budidaya tanaman porang dimulai dari pemilihan bibit sampai dengan proses panennya.

Tata Cara Pemupukan Untuk Tanaman Porang Agar Tumbuh Subur

Tata Cara Pemupukan Untuk Tanaman Porang Agar Tumbuh Subur

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana tata cara pemupukan tanaman porang agar tumbuh subur, berikut ini informasi lengkapnya.

Cara Pemupukan Tanaman Porang

Cara Pemupukan Tanaman Porang

Untuk budidaya tanaman porang sendiri harus memperhatikan proses pemberian pupuk. Saat menanam porang tentunya harus dilakukan pemukuan dasar terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa memberikan pupuk setahun sekali saat memasuki musim hujan. Usahakan menggunakan pupuk urea 10 gram dan 5 gram SP 36 di satu lubang porang. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditanam sekitar batang tanaman porang

Manfaat Tanaman Porang

Manfaat Tanaman Porang

Terdapat banyak manfaat tanaman porang antara lain untuk bahan penjernih air, kosmetik, bahan baku tepung, lem, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui beberapa tahun terakhir ini porang sudah diekspor ke Jepang untuk bahan baku pembuatan jellu.

Umbi porang terkenal mengandung glucomannan, serat alami yang mudah larut di ari biasa tentunya dengan kadar yang banyak dalam bentuk tepung. Adanya kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk aditif makanan, seperti pengental dan emulsifier. Umbi prang juga bisa dibikin menjadi lem yang ramah lingkungan dan komponen pesawat terbang.

FAQ

Jenis Pupuk Apa Yang Bagus Untuk Tanaman Porang?

Salah satu pupuk organik yang bisa anda gunakan untuk budidaya porang adalah GDM karena memiliki tahap yang lengkap mulai dari persiapan media, perendaman benih, sampai dengan pupuk untuk tanaman porang berusia 1 – 18 bulan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pemupukan Pada Masa Persemaian?

Untuk proses saat masa persemaian baiknya dimulai pada saat 8 hari setelah semai atau HSS anda bisa menggunakan pupuk yang dimasukan kedalam tangki lalu semprotkan ke seluruh bagian tanaman dan bisa dilakuakn setiap seminggu sekali.

Demikian informasi lengkap cara melakukan proses pemupukan pada tanaman porang dari ilmpupot.com. Anda juga bisa melakukan CARA MENANAM PORANG DARI KATAK di lahan terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?