Beranda Tanaman Buah Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Ciri ciri Pisang Cavendish Dan Beragam Manfaatnya

Pisang cavendish adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di iklim tropis dan terkenal memiliki ciri ciri buah pisang yang berwarna kuning mulus.

Seiring dengan perkembangan dan permintaan import pisang cavendish dari luar negeri semakin banyak, sehingga petani Indonesia mulai membudidayakannya karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu saja, pisang cavendish memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehtan antara lain dapat digunakan untuk diet, aman bagi penderita penyakit pencernaan serta baik bagi kesehatan jantung.

Namun, ketika anda berada si pasar atau supermarket, biasanya ada banyak jenis pisang yang ditawarkan. Tentu saja jika anda ingin membeli pisang cavendish harus mengetahui seperti apa perbendaannya dengan pisang lain dari bentuk fisiknya.

Ciri ciri Pisang Cavendish Paling Lengkap Dan Karakteristiknya

Ciri ciri Pisang Cavendish Paling Lengkap Dan Karakteristiknya

Agar anda mudah membedakan, antara pisang cavendish dengan jenis pisang lainnya. Langsung saja simak ulasan dibawah ini yang akan membahas secara lengkap seperti apa ciri-ciri pisang cavendish.

Ciri ciri Pisang Cavendish

Ciri ciri Pisang Cavendish

Ciri fisik yang dapat dilihat adalah segi buahnya yang dihasilkan. Pada umumnya pisang cavendish berwarna kuning ketika matang, tekstur kulit sedikit lebih tebal, daging buah berwarna putih kekuningan, dan kulit buah bersih.

1. Karakteristik Pisang Cavendish

Agar bisa mengenali jenis tumbuhan yang satu ini, ada beberapa karakteristik ataupun ciri khas dari pohon pisang cavendish, antara lain :

  • Mempunyai batang dengan tinggi kurang lebih 2,5 meter sampai 3 meter dan berwarna hijau kehitaman.
  • Daun tanaman ini mempunyai warna hijau tua dan tandan sepanjang 60 sampai 100 cm.
  • Mempunyai buah 8 sampai 13 sisir disetiap tandannya dimana setiap sisir sekitar 12-22 biji.
  • Tekstur dari kulit buah pisang cavendish agak lebih tebal dan berwarna hijau kekuningan ataupun kuning muda serta halus
  • Daging buah pisang cavendish sendiri berwarna putih dan memiliki citarasa manis sedikit asam.

2. Kondisi Tepat Untuk Pertumbuhan Pisang Cavendish

Untuk bisa menghasilkan buah yang berkualitas, penanaman pohon pisang yang satu ini tidak bisa sembarangan. Khusus budidaya tanaman buah tropis harus memperhatikan kondisi yang ideal untuk proses pertumbuhannya. Beberapa kondisi yang dibutuhkan oleh pohon pisang cavendish berikut ini :

  • Lahan tanam ada dilokasi yang tidak lebih dari 1600 mdpl.
  • Suhu yang dibutuhkan antara 27 sampai 38 dc.
  • Untuk menghindari sunburn, baiknya pohon pisang ditanam pada lahan yang tidak langsung terkena sinar matahari berlebihan.
  • Perhatikan curah hujan yang dibutuhkan sekitar 200 sampai 220 mm.
  • Membutuhkan kelembapan tanah sekitar 60-70%.
  • Tanah terbaik untuk ditanami pohong pisang cavendish yaitu tanah liat dan gembur serta aerasi yang baik.
  • pH tanah tanam kurang lebih 4,5 – 7,5.

3. Penyakit Yang Paling Sering Menyerang Pohon Pisang Cavendish

Selain memperhatikan ciri pisang cavendish, lahan tanam yang ideal dan karakteristiknya, anda juga perlu mengetahui adanya jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman. Jika pohon pisang terserang penyakit dan tidak diatasi dengan baik, bisa menyebabkan gagal panen atau tanaman tidak berbuah. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang paling sering menyerang tanaman pohon pisang cavendish :

  • Yellow Sigatoga yaitu penyakit yang disebabkan oleh jamur M Musicola dan Black Leaf Streak.
  • Layu fusarium atau biasa disebut juga dengan layu panama, jenis penyakit ini menyebabkan daun layu dan mudah putus.
  • Perkembangan pohon serta tandan yang memburuk serta berbuah prematur disebabkan oleh Mycosphaerella Leaf Disease Complex.

Manfaat Pisang Cavendish Untuk Bayi

Manfaat Pisang Cavendish Untuk Bayi

1. Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Untuk bunda yang pertama kali memberikan makanan pendamping ASI tentu sudah tidak asing lagi dengan buah pisang. Biasanya anak yang mulai mendapatkan MPASI mudah lapar karena asupan susu yang berkurang. Dengan memberikan pisang mampu menambah ketersediaan energi bagi bayi karena mengandung cukup kalori.

2. Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Syaraf dan Otot

Memberikan buah pisang cavendish kepada balita akan membantu syaraf dan ototnya untuk berkembang sempurna, hal tersebut disebabkan karena pisang cavendish mengandung asam folat yang tentunya membantu pertumbuhan otak secara optimal.

3. Bermanfaat Melancarakan Pencernaan

Seperti yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat bahwa pisang menjadi salah satu buah yang mampu melancarkan BAB. Nah, bagi balita, buah pisang sangat membantu untuk melancarkan pencernaannya sehingga lebih mudah dan lancar. Dengan memberikan buah pisang cavendish pada balita bisa mencegah terjadinya sembelit yang biasanya membuat tidak nyaman.

Demikian informasi tentang ciri-ciri pisang cavendish paling lengkap beserta manfaatnya dari ilmupot.com. Untuk anda yang berminat budidaya pisang cavendish, bisa mengikuti CARA MENANAM PISANG CAVENDISH agar berbuah besar dan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?