Beranda Uncategorized Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Jenis Media Tanam Organik Yang Digunakan Untuk Budidaya

Sebelum melakukan proses penanaman, memilih jenis media tanam menjadi satu hal penting yang akan mempengaruhi hasil dari tanaman anda nantinya. Karena tidak semua media tanam cocok digunakan untuk berbagai jenis tumbuhan.

Oleh sebab itu, pentingnya mempertimbangkan media tanam seperti contoh tanaman anggrek yang lebih cocok menggunakan media tanam arang karena mampu mengikat air dan mengandung zat bermanfaat didalamnya.

Beberapa jenis tanaman yang biasanya ditanam dalam pot ataupun polibag antara lain jambu, demila, tin, melon, stroberi, sawo, dan lain sebagainya. Umumnya memang menggunakan tanah, dan juga pupuk disetiap prosesnya.

Usahakan memilih media tanam yang mampu menjaga kelembapan disekitar akar tanaman anda, dan menyediakan banyak udara dan unsur hara untuk proses pertumbuhan. Selain tanah, ada banyak media tanam yang bisa anda gunakan.

Jenis Media Tanam Yang Paling Sering Digunakan Untuk Budidaya

Jenis Media Tanam Yang Paling Sering Digunakan Untuk Budidaya

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan rinci, silahkan anda simak ulasan dibawah ini yang akan membahas tentang apa saja jenis media tanam organik secara lengkap.

Jenis Media Tanam

1. Tanah Yang Subur

1. Tanah Yang Subur

Banyak petani baik buah, bung dan lain sebagainya menggunakan tanah subur untuk media tanamnya. Karena tanah subur bisa menyimpan beberapa zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur yang ada di tanah subur mampu meningkatkan produktifitas tanaman. Tidak hanya itu saja, terdapat kandungan lain seperti zat mineral. jasad renik, dan zat hara yang sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman.

2. Sekam Hitam

2. Sekam Hitam

Sekam adalah limbah padi yang sudah terkenal banyak digunakan oleh para petani tanaman hias menjadi media tanam yang tepat. Hal tersebut dikarenakaan banyak petani yang berpendapat bahwa sekam adalah salah satu media tanam paling cocok untuk berbagai macam jenis tanaman hias ataupun bibit bunga. Sekam hitam merupakan sekam yang dibakar.

3. Humus

3. Humus

Tanaman hias cocok menggunakan humus karena dianggap media tanam paling subur, tidak hanya itu, humus juga memiliki komposisi yang hampir sama dengan pupuk kompos. Untuk media tanam humus sendiri baisanya memiliki warna gelap antara coklat kehitaman dan memiliki tekstur lembut serta gembur dan terdapat banyak zat seperti alifatik, asam karboksilat, fenol dan hidroksida.

4. Sekam Padi Mentah

4. Sekam Padi Mentah

Media tanam selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah sekam padi mentah yaitu lapisan keras meliputi kariopsis yang terdiri dari 2 belahan yaitu lemma dan palea. Terdapat beberapa komposisi kimiawi yang ada di sekam padi antara lain lemak, serat, protein kasar, abu, karbohidrat dasar, kadar air, silika, oksigen dan hidrogen. Dengan banyaknya kandungan zat baik didalamnya membuat tanaman bisa tumbuh subur.

5. Pupuk Kandang

5. Pupuk Kandang

Biasanya pupuk kandang yang paling sering digunakan untuk tanaman dalam pot adalah pupuk kandang berasal dari limbah atau kotoran kambing. Bagi petani yang ingin menggunakan media tanam dari pupuk kandang akan menunggunya sampai kering. Karena pupuk kandang mengandung unsur nitrogen tinggi dan bisa berampak apabila digunakan secara langsung dan beresiko tanah kering.

6. Cocopeat

6. Cocopeat

Jenis media tanam cocopeat pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para petanicocopeat sendiri biasanya disebut dengan limbah kelapa karena berasal dari industri kemudian masuk kedalam proses pencucian, pemanasan, dan pemeriksaan secara teliti. Sebelum cocopeat digunakan menjadi media tanam, biasanya dibagi menjadi berbagai macam tingkat butiran dan tingkat kepadatan lalu masuk tahap pengemasan.

7. Arang

7. Arang

Biasanya jenis media tanam arang sering digunakan untuk tanaman anggrek di daerah dengan kelembapan yang tinggi. Arang tersebut dihasilkan dari pembakaran kayu atau batok kelapa. Arang dikenal sebagai media tanam yang jarang ditumbuhi oleh jamur serta tidak mudah lapuk. Tidak hanya itu saja, media tanam arang mampu menyimpan air.

8. Batang Pakis

8. Batang Pakis

Pada umumnya batang pakis terbagi menjadi dua yaitu pakis berwarna hitam dan pakis berwarna coklat. Nah, dari keduanya yang paling sering digunakan biasanya adalah pakis hitam. Untuk batang pakis hitam sendiri berasal dari pakis yang sudah berumur dan juga kering. Keunggulan dari media tanam yang satu ini adalah kemampuannya untuk mengikat air serta memiliki aerasi dan juga drainase yang cukup baik.

Itulah tadi informasi mengenai jenis media tanam organik yang bisa anda gunakan untuk menanam tanaman secara lengkap dari ilmupot.com. Selain media tanam, anda juga harus mengetahui JENIS PUPUK serta berbagai macam fungsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?