Beranda Tanaman Buah 6 Jenis Pupuk Buah dan Beragam Manfaatnya

6 Jenis Pupuk Buah dan Beragam Manfaatnya

Jenis Pupuk Buah – Menanam buah tidak bisa hanya ditanam kemudian dibiarkan begitu saja, untuk bisa menghasilkan buah yang lebat serta kualitas terbaik anda perlu melakukan perawatan secara berkala dan memberikan pupuk.

Pupuk yang diberikan tidak boleh sembarangan harus sesuai dengan kegunaan dan manfaatnya. Jika anda salah memberikan pupuk dapat berakibat fatal tanaman buah bisa saja mati karena salah pemberian pupuk.

Pupuk memang memiliki banyak jenis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pemberian jenis pupuk untuk tanaman buah dan tanaman hias tentu akan berbeda mulai dari kandungan sampai cara pemberiannya.

Salah satu jenis pupuk yang sering digunakan untuk tanaman buah adalah pupuk hijau. Pupuk hijau berasal dari sisa panen ataupun sisa tanaman lain. Pupuk hijau memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan buah.

Jenis Pupuk Buah dan Beragam Manfaatnya

Jenis Pupuk Buah dan Beragam Manfaatnya

Untuk lebih mengenal beragam jenis pupuk buah yang ada dipasaran serta jenis pupuk mana yang cocok digunakan untuk tanaman buah anda. Ilmupot.com akan membahas secara lengkap pada ulasan dibawah ini.

Jenis Pupuk Buah

Jenis Pupuk Buah

1. Pupuk Hijau

Pupuk hijau menjadi salah satu pupuk yang paling cocok digunakan untuk merangsang buah. Pupuk hijau adalah jenis pupuk yang berasal dari sisa panen ataupun tanaman lainnya. Salah satu tanaman yang cocok dijadikan pupuk hijau adalah legume karena mengandung unsur hara yang cukup tinggi.

Pupuk hijau mampu memperbaiki sifat kimia, fisika, serta biologi tanah sehingga nantinya produktivitas tanaman buah dapat meningkat. Cara menggunakan pupuk hijau cukup sederhana yaitu cukup dengan cara membenamkan pupuk hijau kedalam lahan saat proses mengolah tanah.

2. Pupuk NPK

Pupuk NPK adalah jenis pupuk yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan buah. Untuk penggunaan pupuk NPK anda dapat menggunakan dosis 0,25 kg pupuk per pohon. Pupuk NPK mengandung phospor dan kalium yang bisa mencegah kerontokan serta merangsang pertumbuhan buah-buahan.

3. Pupuk Kompos

Selanjutnya anda bisa menggunakan pupuk kompos untuk tanaman buah. Pupuk kompos adalah jenis pupuk yang terbuat dari fermentasi berbagai amcam jenis bahan organik. Pupuk kompos yang baik memiliki ciri-ciri suhu dibawah 400 derajat. Proses pemberian pupuk ke tanaman buah cukup mudah anda hanya perlu menyebarkan di sekitar tanaman buah.

Jika anda memberikan pupuk kompos secara rutin untuk tanaman buah, maka akan memiliki berbagai manfaat seperti :

  • Mampu meningkatkan daya tahan tanaman serta daya serap air.
  • Mampu memperbaiki pori-pori tanah.
  • Mampu memperbaiki struktur tanah.
  • Mampu meningkatkan unsur hara pada media tanam.

4. Pupuk ZA

Pupuk ZA memiliki kandungan belerang mencaoai 24% dan mengandung nitrogen sebesar 21%. Pupuk ZA bisa anda gunakan untuk mengganti pupuk urea yang biasanya digunakan untuk memasok kebutuhan nitrogen tanaman buah. Bentuk pupuk ZA seprti kristal kecil yang memiliki warna beragam. Biasanya pupuk ZA digunakan untuk merangsang perkembangan buah. Tidak hanya itu saja, pupuk ZA bisa di pakai untuk pupuk dasar ataupun pupuk susulan.

5. Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah salah satu pupuk yang terbuat dari kotoran hewan yang sudah difermentasi. Secara umum pupuk kandang sudah terkenal memiliki kualitas sangat bagus untuk tanaman baik hias ataupun buah-buahan. Pupuk kandang mengandung unsur hara lengkap seperti kalsium, magnesium, nitrogen, tembaga, besi serta belerang.

6. Pupuk KCL

Pupuk KCL dikenal sebagai jenis pupuk yang memiliki kandungan unsur hara kalium yang tinggi di dalamnya. Terdapat berbagai jenis warna dari pupuk KCL mulai dari merah sampai putih. Selain itu, jenis pupuk KCL sangat mudah diaplikasikan karena sifatnya yang mudah larut.

Perlu anda ketahui bahwa pupuk KCL memiliki dua jenis yang umumnya dijual dan digunakan untuk tanaman diantaranya :

  • Jenis yang pertama adalah jenis pupuk KCL 90 yang memiliki warna putih. Jenis ini memiliki kandungan kalium mulai dari 90% di dalamya.
  • Jenis kedua yaitu KCL 80 yang memiliki warna pupuk merah. Pupuk ini memiliki kandungan kalium mulai dari 52% sampai dengan 60%.

Fungsi Pupuk Buah

Fungsi Pupuk Untuk Buah

Secara umum pupuk memiliki fungsi sebagai sumber zat hara untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman buah serta memperbaiki struktur tanah. Pemberian pupuk secara bertahap mampu meningkatkan kadar hara dan kesuburan pada tanah dan tumbuhan.

Demikian informasi dari ilmupot.com mengenai beberapa jenis pupuk yang dapat digunakan untuk tanaman buah sehingga mampu menghasilkan buah secara maksimal dan mendapatkan buah berkualitas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?