Beranda Pupuk 11 Jenis Pupuk NPK Terbaik Untuk Menyuburkan Tanaman

11 Jenis Pupuk NPK Terbaik Untuk Menyuburkan Tanaman

Ada banyak pilihan jenis pupuk NPK yang bisa digunakan oleh para petani, baik petani buah, tanaman hias, dan lain sebagainya yang berfungsi untuk menyuburkan tanah.

Untuk jenisnya sendiri bisa disesuaikan dengan tanaman apa yang ingin anda tanam, dengan pemilihan pupuk yang tepat tentu saja akan menambah hasil maksimal dari tanaman anda.

Didalam pupuk NPK biasanya terdapat kandungan Nitrogen, Phospate, dan Kalium yang berbeda-beda. Anda juga dapat menemukan berbagai merk yang banyak dijual dipasaran.

Meski begitu, pemberian pupuk NPK pada tanaman tidak boleh sembarangan, semua harus sesuai takaran yang sudah dijelasakan biasanya pada setiap kemasannya.

Jenis Pupuk NPK Terbaik Ampuh Menyuburkan Tanaman

Jenis Pupuk NPK Terbaik Ampuh Menyuburkan Tanaman

Untuk pupuk NPK sendiri dapat digolongkan berdasarkan kandungan atau komposisi yang ada didalam pupuk tersebut. Adapun jenis pupuk NPK bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

Jenis Pupuk NPK 15-15-15

Jenis Pupuk NPK 15 15 15

1. NPK Phonska 15-15-15

Untuk jenis NPK phonska 15-15-15 mempunyai kandungan nitrogen 15%, phosphate 19%, dan sulfur 10%. Bentuk dari pupuk yang satu ini granul merah bata dan berukuran 1-4 mm. Bagi anda yang ingin membeli pupuk ini tidak dijual bebas dikarenakan mendapat subsidi dari pemerintah.

2. NPK Ria Plus 15-15-15

Terdapat 2 jenis unsur hara makro didalam pupuk majemuk NPK Ria Plus 15-15-15 yaitu nitrogen sebesar 15%, phospat 15% dan kalium 15%. Pupuk yang satu ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman seperti buah, perkebunan, holtikultura, serta tanaman pangan.

3. NPK Basf 15-15-15 (Nitrophonska)

Pupuk yang satu ini diimpor dari negara Jerman yang memiliki bentuk butiran granul mudah larut didalam air dengan mudah. Sehingga tanaman akan jauh lebih cepat menyerap unsur hara didalamnya. Terdapat kandungan nitrogen sebesar 15%, phospate 15%, kalsium 6%, kalium 15%, dan magnesium 0,5%

4. NPK Phonska Plus 15-15-15

Pupuk yang satu ini berbentuk granul berwarna putih dan mudah larut dalam air, perlu anda ketahui bahwa pupuk NPK Phonska Plus dan NPK Phonska biasa tentu memiliki perbedaan, yaitu ada pada kandungan unsur hara makro yang terdiri dari fosfat, nitrogen, dan kalium dengan kadar sebesar 15%.

Jenis Pupuk NPK 16-16-16

Jenis Pupuk NPK 16 16 16

1. NPK Pelangi 16-16-16

NPK Pelangi masuk kedalam pupuk majemuk dan memiliki banyak variasinya sesuai dengan permintaan dan juga kebutuhan dari masing-masing tanaman. Untuk bahan baku yang ada di pupuk ini antara lain unsur fosfat, kalium berkualitas, dan nitrogen.

2. NPK Mahkota 16-16-16

Adanya kandungan usnur hara sebanyak 16%, phospate 16%, kalium 16% serta kalsium 2,9% membuat tanaman bisa tumbuh dengan subur. Untuk jenis yang satu ini memang diimpor dari Rusia.

3. NPK Zamrud 16-16-16

Pupuk dengan jenis ungulan berbentuk granul serta mudah larut dalam air, oleh sebab itu sangat mudah diserap tanaman. Kadungan unsur hara sebanyak 16%, phospate 16%, kalsium 3%, magensium 2% dan kaliym 16%.

4. NPK Ria Plus

Memiliki banyak manfaat yang terkandung dalam NPK Ria plus karena bisa memperbanyak jumlah anakan dan membuat daun tanaman menjadi lebih hijau kehitaman. Hal tersebut dikarenakan pupuk NPK Ria plus mampu meningkatkan ketersediaan unsur hara.

5. NPK Kebomas 16-16-16

Berbentuk sama seperti pupuk pada umumnya yaitu granul yang berwarna merah bata serta berukuran 1 sampai 4 mm. Kebomas menjadi pupuk NPK unggulan yang mempunyai kandungan unsur hara, phospate, kalium sebanyak 16%.

6. NPK Mutiara 16-16 (Yara Mila)

Mempunyai kandungan 5 unsur didalam pupuk NPK Mutiara baik unsur mikro ataupun makro. Berbentuk butiran granul berwarna biru pudar serta dikemas dalam plastik yang aman. Pupuk ini berfungsi untuk pertumbuhan tanaman agar lebih cepat tumbuh.

7. NPK Pak Tani 16-16-16

Terakhir ada dari NPK Pak Tani 16-16-16 yang menjadi produk berkualitas tinggi dari Rusia. Penggunakan pupuk ini untuk tanaman bisa meningkatkan pertumbuhan tunas, meningkatkan hasil panen, serta menghijaukan daun dengan baik. Adanya kandungan nitrogen, 16%, phospate 16%, pottasium oxide 16%, calcium oxide 5%, dan magnesium oxide 1%

Cukup sekian informasi yang dapat ilmupot.com mengenai apa saja jenis pupuk NPK lengkap dengan kegunaannya. Terdapat khusus PUPUK NPK UNTUK BUAH yang mampu meningkatkan hasil panen maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.