Beranda Tanaman Hias √ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik dan benar.

Karena media tanam menjadi salah satu faktor penentu apakah tanaman alocasia bisa tumbuh dengan baik atau tidak. Hal tersebut dikarenakan media tanam menjadi sumber nutrisi bagi tanaman.

Alocasia masuk kedalam jenis tanaman hias favorit saat ini akrena sudah banyak yang menanam untuk hiasan ruangan ataupun hiasan teras rumah karena bentuknya yang cantik dan indah.

Tidak hanya itu saja, anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat mulai dari proses pemilihan bibit, penanaman, pencegahan hama dan penyakit sampai dengan pergantian media tanam.

Media Tanam Alocasia Terbaik Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Media Tanam Alocasia Terbaik Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Untuk anda yang sedang ingin menanam tanaman hias yang satu ini, harus perhatikan dengan baik media tanam yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Media Tanam Alocasia

Media Tanam Alocasia

Untuk media tanam alocasia sendiri harus mempunyai kemampuan untuk meniriskan air jika tanaman terpaksa kelebihan air misalnya saja saat musim hujan. Karena genangan air didalam pot bisa menyebabkan akar tanaman cepat membusuk dan daun alocasia menjadi layu.

Untuk komposisinya, anda bisa gunakan sebagai berikut :

  1. Pertama siapkan humus daun bambu atau andam : cacah pakis sedikit halus dengan perbandingan 1 : 1
  2. Humus daun bambu : sekam yang sudah dilapukkan : pupuk kandang dengn perbandingan 2 : 1 : 1
  3. Sphagnum moss : humus daun bambu : pupuk kandang : pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1 : 1

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan media tanam secara merata. Khusus untuk sphagum moss, cara penggunaannya dibalutkan pada bonggol tanaman alocasia.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan salah satunya media tanam harus steril. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah adanya gangguan seperti telur siput atau cendawan.

FAQ

Bagaimana Cara Steril Media Tanam?

Untuk membuat media tanam lebih steril anda bisa guyur media tanam menggunakan air panas dan gunakan setelah media tanam berada pada kondisi dingin.

Seperti Apa Karakteristik Tanaman Alokasia?

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Alocasia adalah tanaman yang tumbu h dengan sinar matahari parsial. Ada dua jenis alocasia yang bisa beradaptasi dengan sinar matahari langsung, dan ada juga tanaman alocasia yang menyukai tempat teduh.

Cara Pemilihan Pot Untuk Tanaman Alocasia?

Jika anda ingin menanam alocasia usahakan memilih pot yang bisa membuang air dengan cepat untuk menghindari genangan air pada pot. Anda juga bisa menambahkan lubang yang cukup di bagian samping pot, kurang lebih sekitar 5 cm sampai 10 cm diatas dasar pot yang digunakan.

Itulah dia rangkuman mengenai seperti apa media tanam alocasia yang baik dan benar agar tanaman alocasia tumbuh subur dari ilmupot.com. Menghasilkan tanaman yang indah, biasanya menggunakan MEDIA TANAM ORGANIK untuk dasarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Terong di Pot

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam terong, selain di lahan terbuka, terong juga dapat ditanam pada media pot atau polybag....

Cara Menanam Singkong

Singkong, ubi kayu atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon dikenal luas umbinya bisa digunakan sebagai makanan pokok sedangkan untuk daunnya dijadikan...

Cara Menanam Melon di Pot

Menanam melon di pot terbilang gampang-gampang sulit, karena anda harus memperhatikan dari awal pemilihan bibit, proses perawatan sampai dengan cara panen melon...

Cara Menanam Kacang Panjang

Untuk bisa menanam kacang panjang, anda membutuhkan beberapa teknik mulai dari cara menanam kacang panjang, perawatan sampai dengan proses panen yang baik...