Beranda Tanaman Hias Media Tanam Bonsai Kelapa

Media Tanam Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa menjadi salah satu jenis bonsai yang banyak diminati oleh sebagian orang. Selain itu, membutuhkan media tanam yang tepat agar menghasilkan bonsai indah dan berkualitas.

Bonsai adalah metode pengerdilan tanaman secara sengaja dan tujuannya tentu saja seni. Tidak hanya bonsai kelapa, anda jenis lain seperti bonsai beringin, dan bonsai serut. Anda bisa memilih jenis bonsai sesuai keinginan.

Agar bisa menghasilkan bonsai yang indah dan memiliki keunikan nilai seni tinggi, anda membutuhkan ketelatenan dari awal penanaman, pembentukan, sampai perawatannya. Maka tidak heran jika bonsai dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Seperti yang sudah diketahui, tidak hanya membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam hal pembentukan serta perawatan. Media tanam yang digunakan juga harus sesuai, maka dari itu pilihlah media tanam yang berkualitas.

Media Tanam Bonsai Kelapa Yang Bagus & Cara Membuatnya

Media Tanam Bonsai Kelapa Yang Bagus Cara Membuatnya

Untuk anda yang ingin menanam bonsai kelapa namun bingung campuran media tanam apa yang baiknya digunakan. Nah, sekarang saatnya anda

Campuran Media Tanam Bonasi Kelapa Yang Bagus

1. Tanah

1. Tanah

Media tanam yang bagus pertama yaitu tanah, karena tanah menyediakan faktor utama pertumbuhan tanaman antara lain air, unsur hara, dan juga udara dengan fungsi sebagai tunjangan mekanik akar bonsai dan juga suhu tanah.

2. Pupuk Kandang

2. Pupuk Kandang

Selanjutnya, anda bisa gunakan pupuk kandang karena sangat baik untuk budidaya tanaman baik hias atau tanaman pertanian. Di dalam pupuk kandang teradapat unsur hara yang mampu memperbaiki biologi tanah dan juga mempermudah perkembangan bonsai kelapa.

3. Pasir

3. Pasir

Pasir juga digunakan untuk campuran media tanam bonsai kelapa karena mengandung unsur yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, pasir juga cocok digunakan untuk media tanam pertumbuhan bibit tanaman, penyemaian benih dan juga perakaran setek batang.

4. Sekam Bakar

4. Sekam Bakar

Sekam bakar menjadi campuran yang baik untuk media tanam. Perlu diketahui media tanam sekam bakar mengandung nilai pH cukup tinggi sekitar 8,5 sampai 9.0. Sehingga cocok digunakan pada tanah yang bersifat asam agar mampu meningkatkan pH tanah.

5. Cocopeat

5. Cocopeat

Media tanam cocopeat terbuat dari sabut kelapa dan memiliki banyak manfaat untuk tanaman. Cocopeat mempunyai sifat yang mudah menyerap dan menyimpan air bahkan memiliki pori-pori yang memudahkan proses pertukaran udara serta masuknya sinar matahari.

Cara Membuat Media Tanam Bonsai Kelapa

Cara Membuat Media Tanam Bonsai Kelapa

Untuk membuat media tanam bonsai kelapa terbilang mudah. Pertama siapkan semua media tanam yang akan digunakan mulai dari tanah, pasir, sekam bakar, cocopeat dan pupuk kandang. Jika sudah, campurkan semua bahan menjadi satu dengan perbandingan 1 : 1 dan aduk sampai merata agar semua bahan tercampur dengan baik.

Siapkan media tanam yang telah jadi dan masukkan kedalam pot yang digunakan untuk menanam bonsai kelapa.

FAQ

Bolehkan Menggunakan Pupuk Kimia ?

Baiknya untuk media tanam, gunakan pupuk organik agar hasil lebih bagus.

Bagaimana Cara Penanaman Bonsai Kelapa ?

Setelah media tanam jadi, langsung saja tanam bonsai dan usahakan hati-hati agar tunas tidak rusak.

Apakah Pasir Bisa Menggantikan Tanah ?

Bisa, karena biasanya pasir menjadi alternatif selain menggunakan tanah untuk media tanam.

Sekian informasi yang bisa ilmupot.com bagikan untuk anda yang sedang mencari tau media tanam apa yang bagus digunakan untuk bonsai kelapa. Jangan lupa selain memperhatikan media tanam, anda juga harus teliti dalam hal perawatan agar menghasilkan bonsai yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

8 Tanaman Merambat Untuk Pagar Agar Lebih Cantik

Tanaman Merambat - Siapa yang tidak ingin rumah atau tamannya terlihat cantik? tentu hal tesebut menjadi impian banyak orang ya. Memiliki rumah dan taman...

15 Tanaman Pembawa Hoki dan Rezeki Melimpah

Tanaman Pembawa Hoki - Siapa yang tidak suka dengan tanaman, di Indonesia sendiri ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh subur. Berbagai tanaman tentu...

15 Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Gantung Paling Cantik

Tanaman Hias Bunga - Siapa yang tidak menginginkan rumah atau taman tampil dengan nuansa bunga-bunga dan tanaman hias yang cantik dan menawan sehingga akan...

10 Tanaman Hias Indoor Dalam Air Untuk Mempercantik Rumah

Tanaman Hias Indoor Dalam Air - Tanaman hias memiliki beragam jenis yang bisa di tanam pada media tanah ataupun air. Setiap tanaman hias juga...