Beranda Tanaman Hias √ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

Jika belum, baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu tanaman hias calathea dan seperti apa media yang digunakan untuk menanamnya.

Calathea adalah tanaman asli yang berasal dari Amerika Selatan dan saat ini mulai banyak digunakan sebagai tanaman hias yang cantik.

Untuk menghasilkan cantiknya tanaman yang satu ini tentu saja membutuhkan proses yang harus di perhatikan salah satunya adalah media tanam yang digunakan nantinya.

Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Terlengkap

Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Terlengkap

Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja media tanam yang cocok digunakan oleh calathea serta seperti apa cara membuatnya? langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

Media Tanam Calathea

Media Tanam Calathea

Sekam Padi

Sekam adalah istilah untuk kulit padi yang sudah digiling, Umumnya tanaman calathea menggunakan campuran sekam padi untuk media tanamnya. Karena memiliki beberapa karakteristik salah satunya mudah menyerap air dan tidak mudah menggumpal.

Akar Pakis

Selanjutnya, anda juga bisa menggunakan akar pakis yaitu terbuat dari akar dan batang tanaman pakis yang sudah dicacah, sehingga sesuai untuk tanaman calathea baik di wadah ataupun pot.

Tanah Subur

Seperti pada tanaman hias lainnya, tanah subur memang penting untuk membantu proses pertumbuhan tanaman calathea. Gunakan tanah subur dan dicampur dengan beberapa jenis media tanam lainnya. Karena tanah subur memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan juga mampu menyerap air dan memberikan nutrisi bagi tanaman.

Sekam Bakar

Gunakan sekam bakar sebagai campuran untuk membuat media tanam, karena penggunaan sekam bakar bisa menjaga struktur tanah agar tetap gembur. Sekam bakar ini memiliki prosotas tinggi dan juga ringan.

Cara Membuat Media Tanam Calathea

Cara Membuat Media Tanam Calathea

Langkah pertama anda bisa menggunakan campuran tanah gambut lalu dicampur dengan 1/3 sekam bakar, akar pakis, dan sekam bakar guna meningkatkan drainase.

Selanjutnya jangan lupa untuk menambahkan pupuk organik ataupun pupuk kandang pada tanah yang sudah dicampur tadi, kemudian tambahkan dengan pakis atau sekam padi. Ketiganya dicampur menjadi satu dengan perbandingan 2 : 2 :1. Jika semua sudah tercampur rata, masukkan kedalam pot atau wadah yang ingin anda gunakan.

FAQ

Apa Saja Tips Merawat Tanaman Calathea?

Untuk melakukan perawatan tidak bisa dilakukan sembarangan ya. Jika anda ingin mendapatkan tanaman calathea yang subur dan indah, ada tips jitu untuk merawatnya mulai dari proses penanaman dengan cara yang benar dan pemilihan bibit berkualitas. Serta lakukan penyiraman secukupnya dan pemberian pupuk daun agar tanaman lebih terlihat segar.

Tempat Yang Tepat Untuk Tanaman Calathea?

Usahakan tanaman calathea ditempatkan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena pada dasarnya, calathea sendiri habitatnya di hutan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari. Sebaiknya tanaman calathe ditempatkan di dalam ruangan.

Terdapat Berapa Jenis Tanaman Calathea Yang Bagus Untuk Hiasan Rumah?

Perlu anda ketahui tanaman calathea memiliki tujuh jenis yang bisa anda pilih sebagai penghias hunian anda, jenis tersebut antara lain calathea lousae, Calathea orbifolia, Calathea ornata, Calathea roseopicta, calathea warscewiczii, dan calathea lancifolia.

Demikian ulasan mengenai apa saja media tanam yang bisa digunakan untuk jenis tanaman hias calathea dari ilmupot.com. Selain memilih media tanam yang baik, anda juga perlu MERAWAT TANAMAN YANG BENAR agar bisa menghasilkan calathea yang indah dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

7 Cara Menanam Anggrek di Pot Paling Mudah dan Simpel 2021

Cara Menanam Anggrek di Pot - Menghias taman atau halaman rumah dengan bermacam bunga atau tanaman hias membuat halaman rumah atau taman menjadi lebih...

Cara Menanam Terong di Pot

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam terong, selain di lahan terbuka, terong juga dapat ditanam pada media pot atau polybag....

Cara Menanam Singkong

Singkong, ubi kayu atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon dikenal luas umbinya bisa digunakan sebagai makanan pokok sedangkan untuk daunnya dijadikan...

Cara Menanam Melon di Pot

Menanam melon di pot terbilang gampang-gampang sulit, karena anda harus memperhatikan dari awal pemilihan bibit, proses perawatan sampai dengan cara panen melon...