Beranda Tanaman Hias √ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar sekaligus tanaman yang tahan pada cuaca panas sekalpun.

Meskipun tanaman kaktus tahan terhadap cuaca panas, bukan berarti tidak membutuhkan perawatan dan juga memperhatikan media tanam yang digunakan.

Media tanam yang baik digunakan untuk kaktus adalah campuran dari tanah dan juga pasir Malang yang bisa anda temui di toko pertanian disekitar anda.

Media Tanam Kaktus Koboi & Proses Membuatnya Paling Lengkap

Media Tanam Kaktus Koboi Proses Membuatnya Paling Lengkap

Agar kaktus bisa tumbuh dengan sehat dan cantik lakukanlah pemilihan media tanam yang bagus. Untuk itu, anda bisa simak ulasan dibawah ini tentang media tanam kaktus lengkap dengan cara membuatnya.

Media Tanam Kaktus Koboi

Media Tanam Kaktus Koboi

Cocopeat

Salah satu media tanam yang biasa digunakan untuk kaktus koboi adalah cocopeat atau sabuk temputung kelapa yang sudah dihaluskan. Karena cocopeat mempunyai kemampuan menyerap air yang bagus serta lebih tahan dari hama

Pasir Malang

Media tanam yang bisa anda pilih lainnya yaitu pasir malang, karena pasir Malang terbuat dari lahar atau magma gunung merapi. Anda bisa mendapatkan pasir ini dari daerah dataran tinggi ataupun sekitar gugung berapi.

Sekam

Sekam ini terbuat dari jerami yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta kaktus menjadi salah satu media tanam yang tepat. Sekam sangat bermanfaat dalam proses penggemburan tanah agar akar tanaman kaktus bisa menyerap unsur hara.

Cara Membuat Media Tanam Kaktus Koboi

Cara Membuat Media Tanam Kaktus Koboi

1. Persiapkan Media Tanam

Langkah pertama siapkan media tanam. Gunakan pasir Malang, sekam biasa, sekam bakar, dan juga pupuk kandang/pupuk kompos. Menggunakan perbandingan komposisi 5 bagian yaitu pasir Malang, sekam biasa 2 bagian, sekam bakar 2 bagian, dan juga pupuk 1 bagian.

2. Memasukan Media Tanam ke Dalam Pot

Jika media tanam sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasukkan media tanam kedalam pot yang nantinya akan anda gunakan untuk menanam kaktus koboi. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ukuran pot yang digunakan usahakan jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Apabila pot terlalu besar bisa membuat kaktus cepat busuk, namun jika pot terlalu kecil menyebabkan kaktus tidak tumbuh subur karena kurangnya nutrisi yang didapatkan.

FAQ

Pupuk Apa Yang Cocok Untuk Tanaman Kaktus Koboi?

Baiknya untuk tanaman kaktus koboi anda mengunakan pupuk organik karena lebih memberikan manfaat untuk tanaman, hal tersebut karena pada pupuk organik terkanadung nutrisi alami dan juga jauh lebih aman. Jenis pupuk organik yang umumnya digunakan pada tanaman kaktus koboi adalah pupuk kompos dan pupuk kandang.

Apa Manfaat Pupuk Organik Untuk Kaktus Koboi?

Pupuk organik bermanfaat untuk mengaktifkan dan mampu memperkuat zat hara di tanah serta memperbaiki struktur dan juga pori-pori tanah. Selain itu, pupuk kompos juga mampu menambah daya serap air pada tanah tersebut.

Kapan Sebaiknya Media Tanam Pada Tanaman Kaktus Diganti?

Agar kaktus tumbuh subur, sebaiknya anda mengganti media tanam secara berkala. Lakukan pergantian media tanam sekitar 6 sampai 1 tahun sekali hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kondisi media tanam itu sendiri.

Itulah artikel mengenai apa saja jenis media tanam yang bisa digunakan untuk kaktus koboi lengkap dengan cara membuatnya dari ilmupot.com. Kaktus juga bisa dijadikan TANAMAN GANTUNG INDOOR yang cocok menghiasi hunian anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

7 Cara Menanam Anggrek di Pot Paling Mudah dan Simpel 2021

Cara Menanam Anggrek di Pot - Menghias taman atau halaman rumah dengan bermacam bunga atau tanaman hias membuat halaman rumah atau taman menjadi lebih...

Cara Menanam Terong di Pot

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam terong, selain di lahan terbuka, terong juga dapat ditanam pada media pot atau polybag....

Cara Menanam Singkong

Singkong, ubi kayu atau dikenal juga dengan sebutan ketela pohon dikenal luas umbinya bisa digunakan sebagai makanan pokok sedangkan untuk daunnya dijadikan...

Cara Menanam Melon di Pot

Menanam melon di pot terbilang gampang-gampang sulit, karena anda harus memperhatikan dari awal pemilihan bibit, proses perawatan sampai dengan cara panen melon...