Beranda Tanaman Hias √ Media Tanam Sansevieria Agar Tumbuh Subur dan Indah

√ Media Tanam Sansevieria Agar Tumbuh Subur dan Indah

Tanaman hias Sansevieria atau lebih dikenal dengan istilah lidah mertua cukup populer di Indonesia. Untuk penanamannya dibutuhkan media tanam yang tepat.

Sansevieria adalah tanaman tropis yang dikenal mampu menyerap racun dan memiliki bentuk yang cukup unik sekaligus mudah ditemui.

Untuk mendapatkan sansevieria yang indah tentu saja tidak terlepas dari proses perawatan, meski terbilang tanaman satu ini cukup bandel.

Pemilihan media tanam memang berperan penting bagi kesuburan tanaman sansevieria karena bisa berdampak pada pertumbuhan.

Media Tanam Sansevieria Agar Tumbuh Subur dan Indah

Media Tanam Sansevieria Agar Tumbuh Subur dan Indah

Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman hias lidah mertua, penting untuk mengetahui beberapa alternatif media tanam yang bisa anda pilih berikut ini.

Media Tanam Sansevieria

Media Tanam Sansevieria

1. Cara Pertama

Bahan-bahan

  • Sekam padi
  • Pakis Bakar
  • Pasir Malang
  • Pakis

Cara Membuat

Silahkan anda campurkan bahan-bahan diatas, yaitu sekam bakar, sekam padi, pakis, dan juga pasir malang menggunakan perbandingan 1:1:1:1. Campur merta semua bahan lalu isi kedalam pot yang akan digunakan.

2. Cara Kedua

Bahan-bahan

  • Kompos
  • Tanah humus
  • Pasir malang
  • Sekam padi

Cara Membuat

Silahkan anda campurkan semua bahan-bahan dengan perbandingan 1:1 lalu campur secara merata masukkan kedalam pot dan diamkan beberapa waktu sebelum digunakan untuk menanam.

3. Cara Ketiga

Bahan-bahan

  • Sekam bakar
  • Pupuk kompos
  • Pasir malang

Cara Membuat

Sama seperti kedua cara diatas, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencampur semua bahan-bahan seperti sekam bakar, pasir malang, dan pupuk kompos menjadi satu dengan perbandingan 1:1. Isi kedalam pot yang telah dipersiapkan.

Bahan Yang Bagus Untuk Membuat Media Tanam Sansevieria

Bahan Yang Bagus Untuk Membuat Media Tanam Sansevieria

1. Pasir Malang

Perlu anda ketahui bahwa pasir malang menjadi bahan media tanam yang cocok, karena pasir malang bersifat proros dan memiliki kemampuan melewati air dengan mudah.

2. Sekam Padi

Anda juga bisa menambahkan sekam padi untuk tanaman lidah mertua ini. Hal tersebut disebabkan karena sekam padi bisa menjadi bahan organik yang melepaskan unsur hara ke tanaman.

3. Sekam Bakar

Bagi pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan sekam bakar yang sering digunakan untuk media tanaman hias berbunga. Sekam bakar mampu menjaga pH media tanam.

4. Pakis

Media tanam selanjutnya adalah pakis yang mempunyai kelebihan yaitu sebagai sistem drainase yang baik. Karena adanya unsur hara didalam pakis bisa membuat tanaman Sansevieria tumbuh dengan baik.

5. Tanah Humus

Anda bisa menggunakan tanah humus karena tanah ini berasal dari pelapukan daun, campuran kotoran hewan, dan juga batang. Sehingga tanah humus bersifat gembur.

6. Pupuk Kompos

Campuran yang cocok untuk media tanam berikutnya adalah pupuk kompos yang dikenal memiliki unsur hara makro yang baik bagi tanaman.

7. Pupuk Kandang

Terakhir, anda bisa gunakan pupuk kandang sebagai campuran atau tambahan bahan untuk media tanam lidah mertua.

FAQ

Apakah Benar Tanaman Sansevieria Mampu Menyegarkan Udara?

Lidah mertua atau tanaman Sansevieria memang dikenal mampu menyegarkan udara terlebih jika diletakaan di dalam ruangan selain menyegarkan, tanaman ini juga mampu memperindah ruangan anda.

Apa Saja Syarat Media Tanam Sansevieria ?

Ada beberapa syarat media tanam Sansevieria yang perlu anda ketahui antara lain media tanam harus poros, memiliki pertukaran udara yang baik, bisa menyimpan air dengan baik, bisa menyangga tanaman Sansevieria, memiliki kandungan unsur hara serta steril dair berbagai macam jamur.

Tips Apa Saja Untuk Menanam Sansevieria Agar Tidak Cepat Mati?

Meskipun tanaman Sansevieria terbilang cukup bandel, artinya tidak membutuhkan perawatan yang repot. Namun tetap harus dilakukan proses perawatan seperti penyiraman, media tanam yang harus di perhatikan sampai dengan sistem drainasenya.

Demikian artikel terkait dengan bagaimana cara membuat media tanam Sansevieria yang baik dan aman untuk pertumbuhannya dari ilmupot.com. Sama seperti BUDIDAYA AGLAONEMA yang membutuhkan media tanam serta perawatan disetiap prosesnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cara Menanam Karet Kebo

Karet merah atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Karet Kebo merupakan salah satu tanaman yang dapat menyegarkan udara. Maka dari itu,...

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?