Beranda Pupuk Jenis Pupuk Cabe Rawit : Pupuk Terbaik & Berkualitas

Jenis Pupuk Cabe Rawit : Pupuk Terbaik & Berkualitas

Pupuk Cabe Rawit – Indonesia terkenal dengan hasil tanaman dan rempah-rempah yang bagus dan berkualitas. Salah satunya adalah cabe, siapa yang tidak kenal cabe karena rasanya yang pedas dan sering digunakan untuk membuat sambal sebagai teman makan.

Di Indonesia, tanaman cabe bisa tumbuh dengan subur. Bahkan terdapat beberapa jenis cabe yang di tanam di Indonesia diantaranya cabe hijau, cabe merah, cabe rawit dan lain sebagainya. Tentunya dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Menanam cabe tidaklah sulit, bahkan bagi anda yang tidak memiliki lahan besar sekalipun tetap bisa membudidayakan cabe. Cobalah menanam cabe di dalam pot atau disekitar pekarangan rumah dengan perawatan yang benar cabe bisa tumbuh dengan subur.

Sama seperti tanaman lainnya, untuk menghasilkan cabe berukualitas dibutuhkan perawatan dan pemberian pupuk secara tepat. Proses pemupukan dapat dilakukan sesuai dengan takaran dan teknik yang benar, sehingga bisa menghasilkan cabe rawit terbaik.

Jenis Pupuk Cabe Rawit Terbaik & Berkualitas

Jenis Pupuk Cabe Rawit Terbaik Berkualitas

Karena salah satu kunci suburnya cabe rawit adalah dari pupuk, maka tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas apa saja jenis pupuk cabe rawit yang bisa digunakan untuk hasil cabe terbaik dan melimpah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Jenis Pupuk Cabe Rawit

Tanaman cabe memang bisa di tanam di lahan yang luas ataupun lahan sempit. Bahkan anda bisa cara menanam cabe di pot dan diletakan disekitar pekarangan rumah. Selain memperhatikan pengolahan lahan, anda juga harus memperhatikan pemberian pupuk cabe. Ada beberapa jenis pupuk yang bisa anda pilih di bawah ini :

1. Pupuk Organik

1. Pupuk Organik

Untuk tanaman cabe agar tumbuh subur dan memiliki kualias yang baik anda bisa menggunakan pupuk kandang atau biasa disebut dengan pupuk organik. Pupuk yang satu ini merupakan jenis pupuk yang baik untuk tanaman cabe, cara menggunakan pupuk organik terbilang mudah. Anda hanya perlu mencampurkan secara langsung dengan tanah saat pengolahan lahan bedengan.

Untuk tanaman cabe bisa menggunakan pupuk kotoran kambing, pupuk kotoran ayam, pupuk itik, pupuk kotoran sapi dan masih banyak lainnya. Anda bisa memberikan pupuk saat tanaman cabe berusia 1 bulan ke atas dengan pemberian kurang lebih 3 kali sampai panen.

2. Pupuk NPK Mutiara Subsidi

2. Pupuk NPK Mutiara Subsidi

Bagi para petani, jenis pupuk NPK Mutiara subsidi pasti sudah tidak asing lagi. Pupuk satu ini bisa dengan mudah anda temukan di pasaran karena pupuk NPK Mutiara merupakan jenis pupuk yang banyak disukai para petani karena memang bisa digunakan untuk membudidaya cabe rawit. Terdapat banyak keuntungan yang bisa petani rasakan yaitu tanaman cabe menjadi semakin subur dan berbuah lebat.

Untuk para petani yang biasanya menggunakan pupuk NPK Mutiara dengan bentuk pupuk padat dan langsung disebar disekitar tanaman cabe tumbuh, namun beberapa petani lebih suka mengocor pupuk NPK. Perlu anda ketahui bahwa pupuk NPK Mutiara bagus digunakan untuk semua cabe merah, cabe rawit, cabe besar, cabe hijau dan lainnya.

3. Pupuk NPK Phonska

3. Pupuk NPK Phonska

Untuk anda yang menginginkan tanaman cabe agar tumbuh subur, berbuah lebat, dan berkembang dengan baik bisa memberikan larutan pupuk phonska cair ke tanaman cabe. Ada baiknya pupuk phonska diberikan saat tanaman cabe menginjak waktu pembungaan.

4. Pupuk ZK atau Zwavelzure Kali

4. Pupuk ZK atau Zwavelzure Kali

Pupuk yang satu ini memiliki keunggulan yaitu bisa disimpan lama meski dalam kelembapan udara cukup tinggi. Pupuk ZK memiliki sifat tidak higroskopis. Pupuk ZK dapat digunakan sebagai pupuk dasar ataupun pupuk susulan. Dengan takaran yang tepat maka anda bisa mendapatkan hasil panen cabe melimpah.

5. Dolomite atau Kapur Karbonat

5. Dolomite atau Kapur Karbonat

Kualitas pupuk yang satu ini bisa dilihat dari seberapa halusnya butrian pada saat mulai diserap oleh air. Pupuk Dolomite berbentuk butiran kasar serta memiliki warna kebiru-biruan ataupun warna putih ke abu-abuan dan mudah terserap air untuk dihancurkan.

Pemberian pupuk yang sesuai dengan takaran bisa memberikan hasil tanaman cabe tumbuh subur, berbuah lebat, dan memiliki kualitas terbaik. Itulah tadi jenis pupuk untuk tanaman cabe rawit yang sudah ilmupot.com bagikan. Saat ini anda bisa mulai mempertimbangkan pupuk mana yang ingin anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.