Beranda Pupuk Pupuk NPK Untuk Buah & Manfaatnya Untuk Tanaman

Pupuk NPK Untuk Buah & Manfaatnya Untuk Tanaman

Ada beberapa jenis pupuk untuk buah salah satunya adalah pupuk NPK yang memiliki banyak zat aktif yang sangat baik untuk tanaman buah.

Jika anda ingin menanam tanaman buah tentu saja harus memperhatikan mulai dari perawatan sampai dengan pemberian pupuk yang tepat.

Dengan memberikan pupuk yang tepat untuk tanaman buah maka hasil buah yang nantinya di panen mendapatkan kualitas yang bagus.

Selain pupuk NPK, ada pupuk buah yang bagus seperti pupuk kandang atau kompos, pupuk hijau, pupuk KCL dan pupuk ZA.

Jenis Pupuk NPK Untuk Buah & Beragam Manfaatnya

Jenis Pupuk NPK Untuk Buah Beragam Manfaatnya

Untuk lebih lanjut lagi, silahkan anda bisa simak jenis pupuk NPK untuk buah lengkap dengan manfaat serta tips memberikan pupuk yang benar berikut ini.

Pupuk NPK Untuk Buah

Pupuk NPK Untuk Buah

Salah satu jenis pupuk buah yang satu ini merupakan pupuk buatan yang mengandung tiga unsur penting di dalamnya untuk kesuburan tanah. Pupuk NPK mengandung fosfor, nitrogen, dan kalium, pupuk NPK adalah salah satu pupuk yang paling sering digunakan. Tentunya dengan kandungan tiga bahan tersebut bisa membuat tanaman buah cepat berkembang, tidak mudah rontok, serta cepat berbuah.

Manfaat Pupuk NPK

Manfaat Pupuk NPK

Membantu Pembelahan Sel dan Respirasi Tanaman

Perlu anda ketahui respirasi atau sistem pernafasan pada tanaman adalah hal penting yang harus di perhatikan. Karena sistem respirasi dan juga pembelahan sel yang sehat membuat tanah gembur dan mempercepat pertumbuhan tanaman buah. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan fosfor yang membantu pembelahan sel dan sistem pernafasan tumbuhan.

Membantu Merangsang Sel Pertumbuhan Akar

Selain bisa membantu mempercepat pertumbuhan tanaman buah melalui sistem respirasi, adanya manfaat pupuk NPK bisa merangsang pertumbuhan akar karena menjadi salah satu faktor pertumbuhan tanaman cepat. Akar pada tanaman bisa tumbuh dengan sehat karena ada kandungan CaO dan kalsium.

Mampu Melancarkan Metabolisme Tanaman

Kalsium yang terkandung pada pupuk NPK bisa meningkatkan dan melancarkan metabolisme tanaman buah dan memberi banyak energi sehingga nantinya bisa tumbuh dengan sehat. Untuk tanaman berbuah, bisa berakibat saat panen karena lebih cepat jika di bandingkan dengan pupuk biasa.

Ampuh Mengusir Hama

Kandungan zat yang ada di dalam pupuk NPK sangat aktif sehingga mampu melindungi tanaman buah dari hama seperti luat atau gulma. Karena hama yang menempel pada tanaman akan mati.

Membentuk Enzim dan Vitamin

Membentuk enzim dan vitamin merupakan salah satu manfaat dari pupuk NPK terutama untuk tanaman yang di tanam dalam pot serta di simpan dalam rumah. Karena tanaman tersebut sangat membutuhkan nutrisi ekstra hal tersebut di sebabkan karena tanaman tidak mendapatkan sinar matahari.

Mampu Memperkuat Ketahanan Tanaman

Agar tanaman tumbuh dengan sehat dibutuhkan dinding tanaman yang tebal. Untuk ketebalan tersebut berfungsi melindungi dari cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kesehatan dan juga kesegaran tanaman. Anda bisa memberikan pupuk NPK kurang lebih 1 minggu sekali.

FAQ

Berapa Takaran Pupuk Yang Tepat Untuk Tanaman Buah?

Untuk takarannya sendiri anda perlu menyipakan pupuk pasar yang mengandung unsur nitrogen (N) 54%, fosfor (P) 36%, dan juga kalium (K) 45%.

Apa saja jenis-jenis pupuk NPK Yang Ada di Pasaran?

Untuk jenisnya ada 3 yaitu NPK 15-15-15, NPK 16-16-15, dan NPK Kelapa Sawit. Ada beberapa pilihan NPK terbaik yang biasa di pilih para petani yaitu NPK Pelangi, NPK Phonska, dan NPK Mutiara.

Demikian informasi seputar pupuk NPK tanaman buah yang bisa mempengaruhi hasil panen dan kelebatan buah dari ilmupot.com. Pupuk NPK juga cocok untuk JENIS PISANG SUNPRIDE karena mengandung zat baik di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.