Beranda Pupuk Pupuk Untuk Padi Bunting

Pupuk Untuk Padi Bunting

Jika anda menanam padi, tentu akan mengalami fase dimana padi mulai tumbuh terutama saat padi bunting, selain perawatan harus diperhatikan, anda juga perlu memilih jenis pupuk yang digunakan untuk padi bunting.

Agar bisa memahami pemupukan tanaman padi, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu umur tanaman. Karena saat ini ada banyak verietas padi berumur genjah yang telah dilepas oleh pemerintah.

Contohnya saja inpari 10 umur 108-116 hari dan juga Inpari 13 dengan umur 103 hari. Untuk padi ciherang serta IR 64 berumur 115-125 hari. Biasanya dengan melihat kedua kondisi berbeda, beberapa petani mengalami kesulitan kapan waktu yang pas untuk pemupukan.

Untuk teknik pemupukan padi sendiri sangat relatif, tidak ada ukuran pasti dosis serta waktunya. Hal tersebut dikarenakan saat padi bunting terdapat banyak faktor harus diperhatikan. Tidak hanya itu, struktur tanah dan kondisi unsur hara juga berpengaruh.

Pupuk Untuk Padi Bunting Agar Berisi dan Hasil Bagus

Pupuk Untuk Padi Bunting Agar Berisi dan Hasil Bagus

Untuk anda yang sedang ingin melakukan pemupukan padi bunting namun bingung memilih pupuk atau jenis pupuk apa agar tepat digunakan saat padi bunting. Berikut ini akan kami bahas secara lengkap.

Pupuk Untuk Padi Bunting & Cara Pemberiannya

Pupuk Untuk Padi Bunting Cara Pemberiannya

Perlu anda ketahui tanaman padi memerlukan banyak hara N dibanding hara P atau K. Anda bisa menggunakan pupuk urea dan berikan sebanyak 3 kali, agar nantinya pupuk N menjadi lebih efisien terserap dengan baik oleh tanaman padi. Sedangkan untuk pemberian pupuk KCL bisa dilakukan 2 kali, agar proses pengisian gabah dapat lebih baik.

Agar bisa memantau kecukupan pupuk Urea (Nitrogen) tanaman padi bisa menggunakan Bagan Warna Daun atau BWD. Alat ini memiliki empat kotak skala warna mulai dari hijau muda sampai hijau tua dan dapat menggambarkan tingkat kehijauan padi.

Apabila daun berwarna hijau tua, artinya daun sudah memiliki hara N yang cukup sehingga tidak perlu dilakukan pemupukan. Hanya perlu monitoring pemberian pupuk dengan alat BWD bisa dilakukan sejak 14 HST sampai dengan fase berbunga 63 HST setiap 7 hari sekali.

Hal yang Harus di Lakukan Ketika Padi Bunting

Hal yang Harus di Lakukan Ketika Padi Bunting

Terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan ketika padi berada di fase bunting antara lain.

Penyemprotan Fungisida

Perlu diketahui bahwa padi bunting rentan terkena jamur, maka dari itu dibutuhkan Fungisida untuk padi khusus pengendali serangan jamur. Karena apabila anda tidak menggunakan pengendali jamur bisa-bisa pupus harapan petani mendapatkan hasil panen optimal.

Penyemprotan fungisida padi bunting sanagt dianjurkan agar bisa menambah bobot padi menjadi lebih berat dan terhindar dari jamur. Beberapa fungisida yang cocok digunakan untuk padi bunting yaitu Score, Topsin, dan Amistartop.

Perhatikan Sirkulasi Air

Pada penanaman padi, air menjadi komponen penting, karena padi membutuhkan air untuk bisa bertumbuh. Terlebih ketika padi bunting maka air menjadi hal wajib yang harus terpenuhi karena jika tidak, akan menghambat pengisian gabah.

Waspada Terhadap Kupu-kupu Kuning

Salah satu serangan hama yang bisa terjadi pada padi ketika bunting adalah kupu-kupu kuning, karena hama ini dapat menyebabkan padi terkena Beluk. Apabila ditemui kupu-kupu kuning segeralah menggunakan obat pengendali hama agar padi bunting anda aman.

Sekian informasi dari ilmupot.com mengenai jenis pupuk apa yang sebaiknya digunakan saat padi bunting agar gabah berisi dan menghasilkan padi bagus berkualitas. Jangan lupa lakukan proses pemupukan sesuai dengan dosis dan waktunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.