Beranda Pupuk Pupuk yang Baik Untuk Tanaman Anggur

Pupuk yang Baik Untuk Tanaman Anggur

Pupuk yang baik untuk tanaman anggur harus memenuhi beberapa unsur agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Ada banyak jenis pupuk untuk anggur yang dijual di toko-toko pertanian.

Disetiap jenis pupuk pasti memiliki kandungan yang berbeda-beda sesuai dengan manfatnya. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu memilih pupuk sesuai dengan fase pertumbuhan anggur.

Karena pupuk yang digunakan disetiap proses perkembangan tanaman anggur berbeda mulai dari jenis sampai dosis yang digunakan. Maka dari itu, cermatlah dalam memilih pupuk untuk pohon anggur.

Selain memperhatikan pupuk yang digunakan, pada proses penanaman anggur dibutuhkan media tanam anggur yang baik agar bisa menghasilkan buah lebat dan berkualitas.

Pupuk yang Baik Untuk Tanaman Anggur Sesuai dengan Tahap Pertumbuhanya

Pupuk yang Baik Untuk Tanaman Anggur Sesuai dengan Tahap Pertumbuhanya

Untuk anda yang berminat menaman anggur baik di pot atau lahan, baiknya simak ulasan dibawah ini. Karena kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai jenis pupuk apa saja yang digunakan disetiap proses pertumbuhan tanaman anggur.

Apa Tujuan Utama Pemupukan Tanaman Anggur ?

Apa Tujuan Utama Pemupukan Tanaman Anggur

Beberapa orang mengetahui tujuan pemupukan hanya untuk menyuburkan tanaman agar cepat besar dan juga berbuah. Padahal sebenarnya tidak hanya itu saja, tujuan utama pemupukan yaitu untuk memperbaiki dan membertahankan kualitas fisik, kimia serta biologi tanah. Ketika unsur-unsur terpenuhi maka tanah di lahan jika ditanami jenis tumbuhan apapun mampu tumbuh dengan subur.

Tujuan lain pempupukan untuk tanaman anggur adalah untuk menjaga dan menambah ketersediaan unsur hara pada tanah, meski pupuk organik mengandung unsur hara yang lengkap, namun jumlahnya cukup rendah. Sehingga agar bisa memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman anggur dibutuhkan pupuk kimia namun tetap dalam dosis yang sesuai

Jenis Pupuk Untuk Pemupukan Dasar

Jenis Pupuk Untuk Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar pada tanaman anggur umumnya dilakukan sekitar 1-2 bulan sebelum penanaman anggur ke lahan tanam, maka dari itu dibutuhkan pupuk yang tepat digunakan sebagai pemupukan dasar antara lain :

  • Pupuk kompos ataupun pupuk organik yang telah di fermentasi
  • Pupuk dolmit

Pemupukan dasar pada tanaman anggur sangat penting dilakukan karena jika tidak, beberapa resiko bisa terjadi seperti tanaman anggur menjadi rentan diserang hama dan penyakit, sulit berbuah, tanaman tumbuh lambat atau kerdil serta kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan tanaman anggur mati.

Jenis Pupuk Untuk Pemupukan Susulan

Jenis Pupuk Untuk Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan tidak lama dari bibit anggur ditanam ke lahan, biasanya diberikan secara rutin setiap minggu/bulan sekali. Untuk pemupukan susulan ini dibagi menajdi 3 fase dan pupuk yang diberikan juga berbeda-beda.

Fase 1 (Pertumbuhan)

Fase pertama yaitu pertumbuhan atau biasa disebut juga dengan vegetatif, arti singkatnya pemupukan yang dilakukan selama tanaman anggur sedang tidak berbuah dan berbunga. Pada proses ini, anda membutuhkan pupuk antara lain :

  • Pupuk kompos atau kandang
  • Kapur dolmit
  • Pupuk organik untuk tanaman anggur

Fase Fase 2 (Pembuahan)

Fase yang kedua adalah pembuahan atau fase generatif, artinya pemupukan dilakukan dengan tujuan untuk merangsang tanaman anggur berbuah. Beberapa jenis pupuk yang anda butuhkan pada fase kedua yaitu :

  • Pupuk KN03 Putih
  • Pupuk MPK
  • Pupuk Kompos/kandang
  • Kapur dolomit

Fase 3 (Pembesaran Buah)

Fase berikutny adalah pembesaran buah, tentu proses ini sama dengan 2 proses sebelumnya yang tetap membutuhkan pupuk agar pohon anggur bisa tumbuh secara maksimal dan menghasilkan buah berkualitas. Pada fase ketiga dilakukan selama tanaman sedang berbuah, pupuk yang berlu anda gunakan adalah :

  • Biotogrow Gold
  • Pupuk KNO3 Putih
  • Pupuk NPK 16-16-16

Nah, itu dia jenis pupuk yang perlu digunakan untuk proses pertumbuhan tanaman anggur secara lengkap dari ilmupot.com. Pada dasarnya ketika anda ingin menanam anggur harus siap dengan pemupukan berkala yang dilakukan. Karena jika tidak, tanaman anggur tidak dapat tumbuh dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

10 Pupuk Daun Terbaik untuk Tanaman Aglaonema

Untuk mendapatkan hasil tanaman aglaonema yang baik, subur, dan memiliki daun segar. Tentu saja anda membutuhkan pupuk daun yang terbaik agar bisa...

√ Media Tanam Alocasia Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman alocasia memang dikenal memiliki bentuk daun yang cantik sehingga untuk membuat tanaman ini tumbuh subur, kita membutuhkan media tanam yang baik...

√ Media Tanam Calathea dan Cara Membuatnya Paling Lengkap

Taukah anda media tanam yang digunakan untuk jenis tanaman hias Calathea yang bagus dan mampu memberikan kesuburan bagi tanaman yang satu ini?

√ Media Tanam Kaktus Koboi dan Cara Membuatnya

Bagi pecinta kaktus koboi, sebelum melakukan penanaman satu hal yang paling penting diperhatikan adalah membuat media tanam yang cocok.